Pasien Diabetes Perlu Lakukan Ini Agar Terhindar dari Komplikasi

DokterSehat.Com– Diabetes terjadi pada seseorang yang memiliki kadar tinggi glukosa dalam darahnya. Semakin tinggi kadar glukosa dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius dan meningkatkan risiko komplikasi diabetes jangka panjang. Oleh karena itu, pasien diabetes harus mengelola gula darah agar tidak semakin parah.

doktersehat-minum-air-botol

Penderita diabetes dapat mengalami komplikasi seperti: penyakit kardiovaskular, kerusakan saraf (neuropati), kerusakan ginjal (nefropati), kerusakan mata (retinopati), kerusakan kaki, masalah otak, kanker, serta masalah pada kulit dan mulut.

Seperti dilansir OnlyMyHealth, kelola gula darah untuk mengurangi risiko komplikasi diabetes dengan cara ini:

1. Periksa tanda-tanda pada tubuh
Pasien diabetes lebih mudah terluka terutama pada daerah tubuh yang lembab. Sebelum atau setelah mandi, periksalah tubuh Anda untuk tanda-tanda seperti kulit kering, nyeri, kemerahan, terutama di beberapa daerah umum seperti ketiak, bawah payudara, dan antara kaki dan jari kaki.

Berikan perhatian lebih pada daerah kaki Anda dengan menggunakan cermin untuk melihat setiap sudut kaki apakah telah terjadi luka.

2. Selalu gunakan alas kaki
Luka karena diabetes paling sering berkembang pada kaki, sehingga Anda perlu melindungi kaki setiap kali pergi keluar. Sediakan selalu sepatu yang nyaman dan hindari bertelanjang kaki.

 3. Cek gula darah Anda
Letakkan alat pengukur glukosa darah di dekat jam alarm untuk mengingatkan Anda agar memeriksa gula darah setelah bangun di pagi hari. Tanyakan kepada dokter, berapa batasan normal gula darah agar Anda dapat lebih waspada jika pembacaan alat ukur glukosa tinggi.

Kebanyakan orang, batasan tersebut adalah antara 70 dan 130 mg/ dL. Setelah Anda makan, gula darah bisa meningkat sekitar hampir 180 mg/ dL.

3. Hindari permen dan makanan manis
Hindari makan permen atau makanan manis lainnya untuk menjaga gula darah agar tetap di bawah 70 mg / dL. Anda mungkin akan merasa pusing, lapar atau tidak nyaman karena telah terbiasa makan makanan manis, tetapi hal ini penting untuk menjaga gula darah tetap normal.

Baca Juga:  Hipotermia Penyebab Gejala Dan Pencegahannya

4. Makan makanan dengan indeks glikemik rendah
American Diabetes Association telah mengeluarkan daftar makanan yang tidak menyebabkan kenaikan tingkat gula darah. Perbanyaklah makan makanan alami seperti buah dan sayuran dan hindari makanan bertepung.

5. Lebih banyak minum air
Tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan dalam kondisi diabetes. Anda perlu mengisi cairan tubuh yang hilang dengan lebih sering minum air. Hal ini akan menjaga kulit Anda tetap lembab dan sehat, selain menjaga Anda tetap berenergi.

6. Berolahraga secara teratur
Olahragalah selama 30 menit sehari yang dibagi menjadi 3 jadwal. Masing-masing harus berlangsung selama 10 menit. Latihan yang ideal adalah dengan melakukan latihan kekuatan di pagi hari, berjalan cepat setelah makan siang, dan berjalan-jalan santai di malam hari.

Latihan gabungan dari kekuatan dan kardio sangat penting dalam menjaga gula darah tetap di bawah kendali. Hal ini juga mengurangi risiko penyakit jantung.