Pasangan Suami dan Istri Harus Mengindari Alkohol Demi Bayi yang Sehat

DokterSehat.Com – Bagi pasangan suami istri, dianugerahi kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak, akan adanya keturunan tentu akan melengkapi sebuah keluarga. Saat sang istri hamil, tentu kedua belah pasangan akan berusaha sebaik mungkin agar baik sang ibu maupun janin di dalam kandungan dalam kondisi yang sehat. Untuk memastikannya, kedua belah pasangan harus melakukan gaya hidup yang sehat dimana mereka harus menjaga pola makan yang baik, beristirahat yang cukup, dan melakukan olahraga. Tak hanya itu, baik suami maupun istri sebaiknya memang menghindari rokok dan juga alcohol selama fase kehamilan.

doktersehat-perut-buncit-hamil-bir-obesitas

Anjuran ini sendiri dikeluarkan oleh pakar kesehatan dari Georgetown University Medical Center. Pakar kesehatan dari tempat tersebut menyebutkan jika rokok akan mampu memberikan dampak kesehatan yang sangat buruk mengingat banyaknya kandungan racun di dalamnya. Sayangnya, banyak suami yang meskipun sang istri sedang hamil masih tetap menenggak minuman beralkohol. Alasannya? Tentu saja yang meminum mereka sendiri, bukan sang istri sehingga tidak akan berpengaruh pada kondisi kesehatannya. Sayangnya, pakar kesehatan justru menunjukkan fakta sebaliknya dimana baik istri maupun suami yang mengkonsumsi alcohol bisa berpengaruh besar pada kesehatan kehamilan.

Pakar kesehatan menyebutkan jika andaipun hanya sang suami yang meminum alcohol, bayi yang dilahirkan nantinya bisa mengalami fetal alcohol spectrum disorder atau FASD. Masalah kesehatan ini tidak bisa disepelekan begitu saja mengingat penampilan sang bayi bisa sangat buruk dimana ukuran kepalanya cenderung lebih kecil dan ukuran tubuhnya yang lebih pendek dari biasanya. Bahkan, bayi juga akan beresiko mengalami masalah kecerdasan, perilaku, dan rendahnya koordinasi tubuh.

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya memang pria, khususnya yang ingin mendapatkan keturunan yang sehat, mulai berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol. Tak hanya itu, sang suami dan juga istri juga harus lebih baik dalam menjaga pola makan sehari-hari dan menjaga tubuh agar tidak terkena masalah obesitas yang bisa berimbas buruk bagi kesehatan tubuh.