Pasangan Muda Sebaiknya Mempersiapkan Diri Menjelang Proses Persalinan

DokterSehat.Com – Pasangan muda yang baru saja menikah tentu akan mengharapkan kehadiran adanya anak. Dengan adanya keturunan, maka kehidupan rumah tangga pun akan menjadi sesuatu yang sempurna. Sayangnya, memiliki anak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan dan membutuhkan persiapan yang sangat banyak, khususnya anak pertama dimana tentu banyak pasangan muda yang belum memiliki banyak pengalaman dalam merawatnya. Bagi pasangan muda yang masih bingung harus berbuat apa saja dalam menyambut anak pertama, berikut adalah hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan menjelang kelahiran.

doktersehat-usg-kehamilan-hamil-operasi-caesar

Menentukan tempat kelahiran
Rutin melakukan pengecekan kehamilan memang harus dilakukan demi memastikan kandungan dan juga sang ibu tetap dalam kondisi sehat dan siap hingga proses persalinan. Namun, pasangan muda harus menentukan dimana mereka bisa melakukan persalinan ini sejak jauh-jauh hari. Pakar kesehatan menyarankan penentuan dimana tempat melahirkan pada bulan ke enam kehamilan dan sebaiknya disertai dengan konsultasi dari dokter kandungan. Tanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan proses persalinan layaknya seperti apa persalinan normal, operasi Caesar, hingga alternatif kelahiran lainnya atau dimana saja tempat-tempat yang bagus untuk proses persalinan tersebut sehingga kita bisa menentukan tempat bersalin yang benar-benar pas.

Mempersiapkan ibu hamil menjelang proses persalinan
Pastikan bahwa baik suami ataupun istri secara mental dan fisik siap dalam proses persalinan. Sang suami harus benar-benar bersiaga dan sudah mempersiapkan berbagai persiapan proses persalinan sehingga andai istri sudah siap melahirkan, mereka tinggal berangkat ke tempat persalinan.

Persiapan perlengkapan bayi
Beberapa perlengkapan bayi layaknya baju, popok, gendongan, kain bedong, perlengkapan mandi, perlengkapan menyusui, atau bahkan tambahan layaknya stroller sebaiknya mulai dipersiapkan agar bayi bisa nyaman di hari-hari awal kehidupannya.

Baca Juga:  Yang Terjadi Saat Wanita Mengalami Siklus Menstruasi

Tentukan siapa yang merawat bayi
Banyak pasangan yang masih tetap bekerja sehingga harus menyewa pengasuh bayi. Hal ini tentu harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Namun, andai suami atau istri mau merawat sang bayi sendiri, maka setiap pasangan harus memberikan dukungan satu sama lain agar bayi bisa dirawat dengan baik dan tidak ada yang merasa lelah atau stress saat merawat sang buah hati yang memang membutuhkan perhatian lebih.