Pasangan Asal China Ini Bawa Ratusan Kecoa ke Bandara, Buat Apa?

DokterSehat.Com– Petugas bea dan cukai Guangzhou Baiyun International Airport dibuat kebingungan dengan barang yang dibawa oleh salah satu penumpang pesawat. Bagaimana tidak, di dalam tas yang dipindai dalam mesin x-ray, ditemukan ratusan ekor kecoa. Rasa heran ini pun semakin bertambah tatkala yang membawa tas ini ternyata adalah pasangan suami istri lanjut usia. Untuk apa sebenarnya kecoa dengan jumlah sebanyak ini sampai dibawa di dalam tas yang akan terbang di dalam pesawat?



Xu Yuyu, salah seorang petugas keamanan bandara menyebutkan bahwa saat dipindai, petugas melihat ada satu kantong plastik putih yang berisi banyak benda kecil berwarna kehitaman yang bergerak-gerak. Begitu dibuka, ada kecoa yang melompat keluar. Tak hanya membuat kaget, salah satu petugas bahkan sampai hampir menangis saat melihat kecoa tersebut.

Sang suami yang tidak disebutkan namanya mengaku jika mereka membawa ratusan kecoa yang ternyata akan dijadikan obat bagi kulit istrinya. Tidak dijelaskan dengan pasti obat jenis apa yang akan dibuat dengan kecoa-kecoa ini namun memang beberapa obat tradisional China memakai serangga yang menjijikkan ini sebagai salah satu bahan bakunya. Khusus untuk obat kulit, biasanya kecoa ini dicampurkan dengan ramuan tertentu yang nantinya akan dioleskan pada kulit.

Meskipun tujuannya jelas sebagai obat, tetap saja ratusan kecoa ini dilarang masuk ke dalam pasawat. Pasangan lansia ini pun kecewa namun tetap mengikuti peraturan dan menyerahkan kecoa ini pada petugas.