Parutan Kalapa Ternyata Bisa Dijadikan Camilan Sehat

DokterSehat.Com – Kita kerap kali menemukan parutan kelapa yang gurih pada jajanan-jajanan tradisional layaknya klepon atau kue putu ayu. Tak hanya bisa menambah cita rasa pada jajanan, parutan kelapa ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh andai kita jadikan camilan. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?



Membuat jantung lebih sehat
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa parutan kelapa ternyata kaya akan kandungan serat. Tak hanya baik bagi kesehatan pencernaan, hal ini ternyata bisa membantu jantung menjadi lebih sehat mengingat kemampuan serat dalam menyerap kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan signifikan.

Membuat sistem kekebalan tubuh meningkat
Di dalam parutan kelapa ternyata terdapat kandungan selenium yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Di dalam selenium, kita bisa menemukan kandungan selenoprotein yang membantu tubuh dalam melawan berbagai macam penyebab penyakit.

Mencegah anemia
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa rutin mengkonsumsi parutan kelapa akan membuat kita mencegah anemia dengan lebih baik. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar zat besi pada parutan kelapa yang bisa membantu tubuh memproduksi sel darah merah dengan baik.

Meningkatkan fungsi otak
Rutin mengkonsumsi parutan kelapa sebagai camilan ternyata disebut-sebut mampu membuat fungsi otak kita menjadi lebih baik dan mencegah datangnya penyakit Alzheimer.

Mencegah arthritis
Tak hanya membuat produksi sel darah merah dengan lebih baik, parutan kelapa ternyata juga kaya akan kandungan mineral. Kombinasi dari kedua hal ini bisa membuat saraf dan tulang semakin sehat sehingga kita pun akan lebih baik dalam mencegan masalah arthritis atau nyeri sendi dan osteoporosis.

Mencegah gangguan pencernaan
Tingginya kandungan serat pada parutan kelapa membuat kita mencegah masalah pencernaan layaknya wasir, sembelit, hingga duodenum jika kita rutin mengkonsumsinya.

Baca Juga:  Nah, Ini Tips Mengurangi Ngemil Berlebihan

Menurunkan resiko kanker
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa rutin mengkonsumsi parutan kelapa akan membuat kita menurunkan resiko terkena kanker usus besar dan kanker prostat dengan signifikan.