Paru-Paru Basah dan Berbagai Penjelasannya

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengar saran dari orang tua untuk tidak terlalu sering memakai kipas angin secara langsung ke bagian tubuh agar tidak terkena penyakit paru-paru basah. Tentu banyak dari kita yang bertanya-tanya maksud dari penyakit paru-paru basah ini. Apakah penyakit ini berarti paru-paru dalam tubuh kita akan penuh dengan air? Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai penyakit paru-paru basah.



Paru-paru basah sendiri memiliki nama medis berupa Pneumonia. Paru-paru basah sendiri bisa disebabkan oleh adanya infeksi dari virus maupun bakteri dan beberapa organisme yang masuk melalui udara yang kita hirup. Biasanya organisme ini berasal dari orang yang sedang terkena batuk maupun bersin. Yang menjadi masalah adalah, organisme layaknya bakteri dan virus ini akan masuk ke dalam paru-paru sehingga menyebabkan kantung udara di bagian paru-paru terinfeksi dan terisi oleh cairan dan nanah dari sel inflamasi tubuh.

Penyakit paru-paru basah sendiri bisa dikenali dengan mudah dari kondisi bernafas seseorang. Jika penderitanya mengalami batuk berdahak yang cukup lama dan disertai dengan dada yang terasa sakit sekaligus semakin sulit pernafasan, ditambah dengan kondisi telapak tangan yang sering dingin dan basah, maka bisa jadi orang tersebut mengalami paru-paru basah. Dada penderita paru-paru basah pun cenderung sering terasa nyeri dan ditambah dengan pernafasan yang semakin sesak, tubuh pun bisa jadi akan cenderung demam dalam jangka waktu yang lama.

Polusi udara layaknya dari asap kendaraan bermotor dan juga kebiasaan merokok bisa jadi penyebab utama dari penyakit paru-paru basah ini. Disamping itu, kita juga harus rajin-rajin menjaga kebersihan tangan dan rajin-rajin memakai masker di lingkungan umum layaknya saat bersepeda motor. Olahraga yang teratur juga diklaim mampu membuat resiko tubuh terkena paru-paru basah jauh menurun karena keluarnya cairan tubuh yang cukup banyak saat berolahraga. Satu hal yang pasti, penyakit ini sangatlah menyiksa tubuh sehingga kita tentu harus menjaga kesehatan dengan baik.