Parkinson Bisa Dicegah Dengan Olahraga Bersepeda

DokterSehat.Com – Parkinson adalah salah satu penyakit yang cukup identik dengan para petinju. Anggapan ini didasari oleh kondisi mantan petinju legendari Muhammad Ali yang kini cukup kesulitan menjalankan kehidupannya dengan normal karena penyakit ini. Dalam realitanya, di dunia sendiri terdapat setidaknya 7 hingga 10 juta penderita parkinson dengan latar belakang yang berbeda-beda. Kesamaan dari sebagian besar penderita parkinson adalah mereka rata-rata berusia lebih dari 50 tahun. Karena penyakit ini bisa membuat tubuh kesulitan menggerakkan anggota badan, maka ada baiknya kita melakukan pencegahan penyakit parkinson. Salah satu cara pencegahan penyakit parkinson yang cukup mudah untuk dilakukan adalah dengan bersepeda.

doktersehat-sepeda

Pakar kesehatan di Chicago telah melakukan penelitian yang dirilis oleh Radiological Society of North America dan menunjukkan jika kegiatan bersepeda bisa secara efektif mencegah munculnya penyakit parkinson di usia tua. Parkinson sendiri yang merupakan kondisi dimana neurologis progresif yang memiliki kemampuan memproduksi sel saraf otak dan juga hormon dopamin mengalami kerusakan secara perlahan-lahan. Adanya gangguan pada produksi sel saraf otak dan dopamin berimbas pada gangguan yang membuat otak tidak mampu mengirim perintah atau pesan pada organ tubuh sehingga gerakan tubuh pun tidak benar-benar bisa dilakukan dengan benar.

Gejala parkinson bisa dikenali dengan lambatnya gerakan beberapa bagian tubuh layaknya tangan, otot yang cenderung lebih kaku, keseimbangan yang semakin sulit didapat, hingga kecenderungan gerakan yang disertai dengan tremor atau getaran, bahkan saat berbicara.

Dengan rutin mengayuh sepeda, pakar kesehatan berkata jika otak akan mengalami konektivitas yang jauh lebih baik dan lebih besar, khususnya pada bagian otak yang berperan besar dalam mengendalikan gerakan tubuh. Hal ini berarti, otak yang aktif dan diiringin dengan kayanya kandungan oksigen di dalam otak pun akan cenderung tidak mudah mengalami kerusakan yang bisa berimbas pada parkinson di kemudian hari. Kita sendiri bisa dengan mudah mengayuh sepeda untuk mencapai tempat kerja, tempat sekolah, atau sekadar berbelanja. Selain mudah dan menyenangkan untuk dilakukan, bersepeda akan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.