Pare, Sayuran Pahit Namun Berkhasiat Melawan Diabetes

DokterSehat.Com – Banyak orang yang tidak menyukai pare karena rasa pahitnya yang sangat kuat. Uniknya, sayuran ini justru dianggap sebagai salah satu makanan yang sehat bagi tubuh. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika pare adalah salah satu kunci utama masyarakat Okinawa, Jepang, untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan mendapatkan umum panjang. Pare ternyata diketahui memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh, khususnya dalam mengatasi penyakit diabetes. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-pare-Momordica-charantia-diabetes-kanker-payudara

Penelitian kesehatan terbaru menunjukkan fakta dimana pare memang sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin melawan penyakit metabolik ini. Pare ternyata memiliki kemampuan hipoglikemik atau menurunkan kadar gula darah dengan signifikan dan juga mengendalikan kadar insulin dalam tubuh. Di dalam tape, ternayta ada zat aktif charantin, peptida, dan juga alkaloid yang cenderung mirip fungsinya dengan insulin di dalam tubuh. Zat-zat inilah yang diyakini mampu merangsang produksi protein yang nantinya akan mendukung penyerapan glukosa dalam darah dengan baik.

Zat aktif charantin diketahui mampu memicu pertumbuhan sel beta pada organ pankreas yang mengendalikan produksi insulin. Jika seseorang terkena penyakit diabetes tipe satu, sel beta ini cenderung mudah rusak dan pankreas pun tidak mampu lagi memproduksi insulin dan akhirnya memicu penyakit diabetes.

Pare juga dikenal memiliki berbagai kandungan antivirus dan antibakteri yang bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai infeksi bakteri layaknya e.Coli, herpes, salmonela, hingga malaria. Bahkan, penelitian ini menunjukkan fakta menarik dimana konsumsi pare bisa membuat kita melawan pertumbuhan tumor prostat dan berbagai sel kanker lainnya.

Pare sendiri bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk layaknya sebagai sayuran, jus, hingga ekstrak dalam bentuk kapsul yang bisa membuat kita mengkonsumsinya tanpa merasakan sensasi pahit. Jika anda menderita diabetes dan ingin mengkonsumsi kapsul pare, ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter.