Pare mampu mengobati batu ginjal

Doktersehat.com – Pare mempunyai cita rasa yang tidak terlalu disenangi kebanyakan orang. Rasanya yang pahit atau getir menjadi alasan sayuran asia ini tak banyak peminatnya. Namun, jangan salah, meski pahit sayuran ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat menyembuhkan batu ginjal.



Penyakit batu ginjal kerap ditandai dengan sulit buang air kecil, muntah, dan sakit di perut atau punggung. Sebagaimana yang dilansir dalam Livestrong diketahui beberapa karakteristik dari pare mampu menekan risiko terkena batu ginjal.

Sebagian besar batu ginjal terdiri dari kalsium oksalat dan kalsium fosfat. Dengan mengonsumsi pare dapat menekan risiko Anda terkena batu ginjal. Bahkan mampu menghilangkan batu ginjal tanpa efek samping.

Batu ginjal bisa muncul akibat faktor genetik. Biasanya pria yang berusia 20 sampai 50 tahun, wanita hamil, dan tubuh yang sering dehidrasi juga rentan terserang batu ginjal.

Untuk menurunkan risiko tersebut konsumsilah pare. Dalam pare terkandung cukup vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Perlu diketahui bahwa penderita batu ginjal rentan dengan vitamin C. Mengonsumsi suplemen vitamin C terlalu banyak malah akan meningkatkan risiko batu ginjal kalsium oksalat.

Berbeda jika sumber vitamin C yang berasal dari pare atau makanan lain yang tidak menimbulkan risiko batu ginjal.

Risiko batu ginjal akan meningkat jika Anda mengonsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg per hari yang berasal dari suplemen.

Sumber: okezone.com