Parah, Makanan Ini Ternyata Buat Kita Mudah Lupa!

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika beberapa jenis makanan tertentu ternyata bisa mempengaruhi kinerja berbagai fungsi tubuh? Sebagai contoh, jika kita kerap mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat adiktif, maka kita akan cenderung lebih mudah untuk lupa. Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Brigham and Women’s Hospital. Dalam penelitian yang dilakukan untuk mengetahui efek konsumsi beberapa jenis makanan tertentu pada 6 ribu partisipan dengan usia paruh baya dalam lima tahun, diketahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang bisa berpengaruh buruk bagi daya ingat kita. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

doktersehat-pusing-kepala

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi
Makanan berlemak memang memiliki rasa yang enak untuk disantap. Sayangnya, dibalik rasa yang enak ini, tingginya kandungan lemak bisa memicu masalah berat badan, gangguan pada jantung dan pembuluh darah, hingga penurunan daya ingat. Makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh layaknya daging babi panggang, sosis babi, dan mentega disebut-sebut bisa mengganggu kemampuan sel otak sehingga menurunkan kemampuannya dalam mengingat informasi baru dalam 10 menit.

Makanan berwarna putih
Makanan dengan warna putih layaknya nasi putih, pasta, atau bahkan roti putih dikenal luas sebagai makanan yang memiliki kadar glikemik yang sangat tinggi. Yang menjadi masalah adalah, konsumsi makanan-makanan tersebut secara berlebihan bisa menyebabkan peradangan pada otak dan akhirnya menurunkan kemampuan daya ingat.

Makanan dengan kadar gula tambahan
Rasa manis pada makanan memang bisa membuat kita ketagihan, sayangnya, terlalu banyak mengkonsumsi gula akan membuat kita lebih mudah mengalami kerusakan pada saraf dan peradangan pada bagian memori otak. Tak hanya menurunkan daya ingat, makanan kaya gula tambahan bisa membuat kita lebih mudah terkena depresi.

Baca Juga:  Awas, Makanan Cepat Saji dan Makanan Beku Bisa Menyebabkan Alzheimer Pada Anak Saat Dewasa

Makanan yang terhidrogenasi
Makanan yang terhidrogenasi bisa ditemukan pada sebagian makanan kemasan layaknya cookies, biskuit, atau keripik. Tak hanya itu, gorengan yang kerap kita konsumsi juga termasuk dalam makanan terhidrogenasi. Kerap mengkonsumsinya bisa membuat kita mudah lupa sekaligus meningkatkan resiko terkena Alzheimer.