Para Pekerja Kantoran Sebaiknya Banyak Meminum Air Putih

DokterSehat.Com – Meminum air putih dengan cukup dalam sehari adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak dari kita yang cenderung masih menyepelekannya begitu saja. Pakar kesehatan menyebutkan jika pekerja kantoran yang biasanya bekerja di bawah suhu AC yang dingin dan nyaman cenderung tidak mudah haus sehingga kerap kekurangan asupan cairan dalam sehari. Padahal, tanpa disadari, aktifitas bekerja kantoran sangatlah melelahkan dan bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi.

doktersehat-minum-air-putih-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan jika suhu AC yang cenderung dingin dan nyaman membuat banyak pekerja kantoran menjadi terlena dan tidak merasakan munculnya keringat saat mereka aktif dalam melakukan pekerjaan. Selain itu, ada kecenderungan cairan tubuh hanya akan terasa keluar saat buang air kecil saja. Karena alasan inilah banyak pekerja kantoran yang hanya meminum sangat sedikit air minum dalam sehari.

Pakar kesehatan dari Universitas Indonesia, dr. Maya Setyawati menyarankan para pekerja kantoran untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan mereka mengingat mereka banyak duduk, kurang bergerak, sehingga cenderung tidak mudah merasakan haus. Padahal, jika mereka mengalami masalah kekurangan cairan tubuh, mereka bisa lebih sulit untuk berkonsentrasi, berpikir untuk menyelesaikan pekerjaan, hingga semakin menurunkan tingkat kewaspadaan yang tentu juga berimbas pada menurunnya keselamatan kerja.

Dr. Maya pun menyarankan para pekerja kantoran untuk mulai menata konsumsi air putihnya setiap hari. Sebagai contoh, kita bisa menyempatkan diri untuk meminum segelas air putih yang biasanya berukuran 150 hingga 200 ml setiap setengah jam sehingga kebutuhan air putih putih dalam sehari bisa tercukupi. Sementara itu, mereka yang bekerja dengan memakai fisiknya dan di bawah cuaca yang panas, disarankan untuk mengkonsumsi air putih lebih sering, bahkan bisa mencapai 2,8 liter per harinya.