Paparan Sinar Matahari Bisa Meningkatkan Kepuasan Seksual Pada Pria

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan jika pria yang lebih sering terpapar cahaya matahari akan cenderung memiliki tingkat kepuasan seksual yang tinggi. Penelitian yang dilakukan di University of Siena di Italia ini menunjukkan jika paparan cahaya matahari akan mampu merangsang produksi hormon testosteron pada pria yang bisa ikut berimbas pada meningkatknya tingkat kepuasan kehidupan seksualnya.

doktersehat-french-kiss-ciuman-air-liur-tularkan-penyakit-seksual-hubungan-intim

Penelitian ini sendiri melibatkan 38 pria yang mengalami masalah penurunan gairah seksual dengan signifikan. Para peneliti pun kemudian memakai terapi sinar atau light box therapy yang diharapkan mampu memperbaiki gairah seksual para partisipan pria ini. Namun, para pria ini dibagi dalam dua kelompok terlebih dahulu dimana pada kelompok pertama, mereka mendapatkan paparan sinar yang cenderung lebih sedikit redup jika dibandingkan dengan mereka yang diberikan paparan cahaya yang normal. Setiap hari para pria ini disinari selama 30 menit paa pagi hari selama dua minggu.

Setelah dua minggu, para peneliti pun mendapatkan hasil dimana pada kelompok yang mendapatkan paparan cahaya yang normal ternyata mengalami peningkatan hormon testosteron dengan signifikan, yakni dari 2,1 ng/ml dan kemudian naik menjadi 3,6 ng/ml. Mereka pun cenderung mengalami kenaikan tingkat kepuasan seksual hingga tiga kali lipat. Sementara itu, mereka yang mendapatkan paparan cahaya yang sedikit dikurangi justru tidak menunjukkan peningkatan dalam produksi hormon testosteron dan juga tidak mengalami peningkatan kepuasan seksual sama sekali.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Professor Andrea Fagiolini menyebutkan jika dengan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, maka kelenjar pineal yang ada pada pusat otak akan terangsang untuk lebih baik dalam memproduksi hormon testosteron. Hal ini berarti, bagi pria yang mengalami masalah penurunan gairah seksual, bisa mulai memperbanyak asupan sinar matahari pagi dan berolahraga sehingga kehidupan seksual mereka bisa menjadi lebih baik.