Pap Smear Wajib Dilakukan Wanita

Doktersehat.com – Memeriksakan kesehatan sejak dini lebih baik ketimbang terlambat mengetahui adanya penyakit yang bersarang di tubuh Anda. Beberapa bagian tubuh membutuhkan perhatian khusus agar terhindar dari penyakit. Berikut ini beberapa tes medis yang perlu dilakukan wanita:

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Pap smear
Uji pap smear wajib dilakukan pada wanita mulai usia 21 tahun, wanita yang sudah menikah dan sudah aktif melakukan hubungan seksual. Untuk mengetahui tanda-tanda kanker serviks lakukan uji pap smear tiap tiga tahun sekali. tes medis ini hanya berlaku bagi wanita yang kondisi kesehatannya baik dan tidak berisiko kanker.

Colonoscopy
Tes ini menggunakan kamera kecil yang dimasukkan ke dalam usus guna mendeteksi adanya kanker atau polip ketika Anda sedang dibius. Kolonoskopi sebaiknya dilakukan pada usia 50 tahun atau lebih. Lakukan pengulangan tiap 10 tahun atau ulangi lebih sering jika ditemukan polip pada usus Anda. Lakukan tes ini lebih awal jika Anda memiliki latar belakang keluarga yang terkena kanker usus besar. Selain itu, segera periksakan kondisi usus Anda jika mengalami pendarahan atau terjadi perubahan kebiasaan buang air besar.

Depression screening
Wanita rentan mengalami depresi. Bahkan dalam beberapa kasus, gangguan ini sering kali tidak terdiagnosis. Sebaiknya lakukan skrining ini jika terjadi perubahan suasana hati Anda.