Pantangan Ketika Kurang Tidur

DokterSehat.Com – Tidur adalah suatu kebutuhan bagi setiap manusia karena seseorang yang kurang tidur bisa menggangu kesehatan dan mengacaukan sistem didalam tubuh manusia. Menurut sebuah penelitian bahwa manusia diwajibkan untuk tidur 8 jam dalam sehari agar tubuh tetap sehat dan bugar.



Berikut ini 5 Pantangan Ketika Kurang Tidur yang wajib anda baca, jika anda selama ini selalu mengalami kurang tidur :

  • Minum lebih banyak kopi
    Kafein memang bisa membuat mata lebih melek tetapi ketika Anda kurang tidur, bukan berarti harus menyeruput kopi sampai sore. Efek dari kafein umumnya akan bertahan selama 8-10 jam. Nah, jika ingin mendapat waktu tidur yang cukup, batasi waktu minum kopi setidaknya sampai pukul 1 siang.

    Sehingga, efek kafein yang dialami hanya sampai jam 9-11 malam. Akan lebih baik jika batas waktu minum kopi lebih dimajukan.

  • Mengonsumsi makanan berat sebelum waktu tidur
    Jika seseorang kurang tidur, daya tahan tubuh akan menurun dan mudah terserang penyakit. Apalagi, kurang tidur bisa membuat hormon ghrelin dan leptin berubah sehingga sehingga nafsu makan meningkat dan otak memerintahkan tubuh untuk mencari makanan yang cenderung asin, manis, dan gurih.

    Akibatnya orang jadi nggak kontrol lagi makanannya dan sistem pencernaannya berisiko terganggu, kata pakar kesehatan tidur dr Andreas Prasadja, RSPGT.

    Apalagi, jika yang dikonsumsi adalah makanan utama seperti nasi, mi, dan hamburger, sistem pencernaan akan bekerja lebih keras meski tubuh dalam keadaan tidur. Akibatnya, saat bangun di keesokan harinya, tubuh bisa terasa tidak nyaman dan pastinya risiko badan menggemuk pun makin besar.

  • Melakukan yoga dengan posisi salah
    Breus tidak menampik jika yoga memang bisa membuat tubuh lebih rileks. Namun, ia mengingatkan hindari posisi di mana kepala lebih rendah daripada jantung. Sehingga, Breus lebih menyarankan gunakan posisi yoga yang tidak meningkatkan detak jantung kemudian terapkan posisi itu selama 10-30 kali napas.
  • Terus-terusan buka media sosial
    Dalam kondisi kurang tidur, jangan sekali-sekali justru asyik dengan media sosial. Sebab, Anda malah akan lebih sulit tertidur sebab otak terus bekerja sehingga sulit merasa ngantuk. Bahkan, kemampuan kognitif otak lebih banyak digunakan ketika seseorang aktif di media sosial ketimbang pasif menonton video.

    Pancaran warna biru dari layar perangkat elektronik akan merusak ritme alami tubuh yang sering kita sebut dengan ritme sikardian atau jam biologis tubuh. Jam biologis inilah yang akan mensinkronkan seluruh fungsi tubuh kita dalam 24 jam, terang pakar tidur dari The Pennsylvania State University, Dr Anne-Marie Chang.

  • Balas dendam diakhir pekan
    Akhir pekan sering dijadikan momen untuk bermalas-malasan dan bangun siang. Namun, pakar tidur bersertifikat Michael Breus, PhD mengatakan hal ini malah tidak baik untuk jam tidur. Sebab, jam tidur akan menyesuaikan walaupun kebiasaan tidur berubah hanya satu hari saja.

    Bahkan hanya bangum tidur 30 menit lebih lama dari waktu biasanya selama dua hari saja sudah bisa menimbulkan pergeseran jam tidur. Baiknya, ganti waktu tidur dengan tidur siang yang tidak terlalu lama, dan waktu tidur yang cukup di malam harinya, kata Breus.