Ibu Menyusui Sebaiknya tidak Mengonsumsi 3 Jenis Buah Ini

doktersehat-pantangan-ibu-menyusui
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Bagi wanita yang baru saja melahirkan dan telah menjadi seorang ibu, pemberian ASI merupaka suatu kewajiban yang haru dilakukan. Pasalnya, ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi ketimbang susu formula. Oleh sebab itu, seorang ibu yang masih aktif memebrikan ASI kepada bayinya diharapkan mampu menjaga asrupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Sebab, asupan makanan dan minuman tersebut juga sangat berpengaruh untuk kesehatan bayi.

Umumnya, ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pasca melahirkan, salah satunya adalah daun katuk yang dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, ada juga buah-buahan yang sangat bagus dikonsumsi bagi ibu menyusui, misalnya buah papaya yang dipercaya mampu menyehatkan pencernaan ibu dan bayi.

Akan tetapi, ada beberapa jenis buah yang justru tidak boleh dikonsumsi oleh ibu pada saat sedang aktif memeberikan ASI. Sebab, buah-buahan tersebut dapat mempengaruhi produksi ASI sehingga bisa membuat bayi sakit. Berikut adalah ketiga jenis buah tersebut, diantaranya:

1. Nanas

Tidak hanya pada saat hamil saja, buah ini juga sebaiknya dihindari saat sedang aktif memberikan ASI pada bayi. Jika pada saat sedang hamil mengonsumsi nanas bisa menyebabkan gugurnya janin, berbeda dengan ibu menyusui yang harus menghindari mengonsumsi buah nanas karena dapat membuat ASI menjadi ‘tengik’ alias memiliki rasa dan bau yang kurang sedap. Hal ini akan menyebabkan timbulnya ruam pada area dubur bayi akibat kandungan asam yang terdapat di dalam buah nanas.

2. Apel

Jika pakar medis selalu menyarankan untuk mengonsumsi buah apel yang dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, namun hal tersebut tidak berlaku bagi ibu menyusui. Pasalnya, ibu menyusui sebaiknya menghindari konsumsi buah apel terlebih lagi jika mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak. Sebab, buah apel dapat membuat anak menjadi sembelit.

3. Jeruk

Sama halnya dnegan buah apel, buah jeruk juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, buah ini sebaiknya dihindari oleh ibu yang masih aktif memberikan ASI, sebab buah jeruk dapat menambah rasa asam pada ASI sehingga bisa menyebabkan perut bayi merasa tidak nyaman.