informasi kesehatan


pantangan buat penderita penyakit maag kronis

pantangan buat penderita penyakit maag kronis

            

Doktersehat.com – Gastritis atau lebih lazim kita menyebutnya sebagai penyakit maag merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas dan bila tidak ditangani dengan baik dapat juga berakibat fatal.Penyakit ini selain dapat mengganggu aktivitas juga akan memberikan pengaruh pada makanan – makanan yang harus dikonsumsi maupun tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Biasanya penyakit maag terjadi pada orang-orang yang mempunyai pola makan tidak teratur, suka makanan yang asam, merangsang produksi asam lambung, atau makanan/obat-obatan yang bisa mengiritasi lambung. Beberapa infeksi mikroorganisme juga dapat menyebabkan terjadinya maag. Gejala sakit maag selain nyeri di daerah ulu hati adalah mual, muntah, lemas, kembung dan terasa sesak, nafsu makan menurun, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin, pusing, atau selalu bersendawa. Dan pada kondisi yang lebih parah, bisa muntah darah.

Penyebab asam lambung tinggi, Antara lain :

Aktivitas padat sehingga telat makan
Stress yang tinggi, yang berimbas pada produksi asam lambung berlebih
Makanan dan minuman yang memicu tingginya sekresi asam lambung, seperti makanan dan minuman dengan rasa asam, pedas, kecut, berkafein tinggi, mengandung vitamin C dosis tinggi, termasuk buah-buahan.

Tapi penyakit maag bukan semata-mata soal asam lambung tinggi dan buffer bermasalah. Ada beberapa faktor lain yang membuat buffer melemah antara lain disebabkan oleh bakteri Helicobacter Pylori (HP), infeksi kuman (e-colli, salmonella atau virus), pengaruh obat-obatan, dan konsumsi alkohol berlebih.

Pantangan bagi penderita sakit maag

  • Hindari makanan yang banyak mengandung gas (seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda)
  • Hindari makanan yg merangsang keluarnya asam lambung (seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus)
  • Hindari makanan yg sulit dicerna yg membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju
  • Hindari makanan yg merusak dinding lambung seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang
  • Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.
  • Hindari beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun,serta dodol.

 

Sumber : http://forum.detik.com & go4healthylife.com

pf button both pantangan buat penderita penyakit maag kronis


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

13 Responses to “pantangan buat penderita penyakit maag kronis”

  1. apa itu maag kronis?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. atin.sp says:

    saya liat di artikel ini.sangat cocok dgn kondisi sakit saya sekarang.mual.muntah.sakit di perut sisi kanan.uluhati.danbergerak ke sakit pinggang.badan lemas.danpusing ini cocok dgn ciri ciri lenyamit maag.saya dah minum obat dri dokter namun malah mual.saya liat ada obat herbal pake kunyit yang di peras.Saya coba tambah madu satu sendok.perubahan perut tdk begitu sakit.tdksepertiawal. mudah mudahan pengalaman ini bermanfaat ngurangi resiko sakit maag.terimakasih atas info artikelnya.

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  3. atin.sp says:

    Maaf ciri sakit maag menyerang di perut sebelah kiri.bukan di kanan.sering mual.ulu hati sakit.sesak.pusing.lemas.dan keluar kringat dingin, moga kita semua selalu sehat dan selalu jaga kesehatan.apalagi kondisi musim sekarang ini yg kurang baik.thank

    Like or Dislike: Thumb up 3 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,
      Salam sehat,

      Penyakit gastritis/ lebih dikenal awan sebagai sakit mag sangat dipengaruhi pola makan. Bila dapat menjaganya niscaya kambuh mag dapat dicegah. Hindarilah makanan pedas dan asam terutama saat perut lapar, makan secara teratur (porsi kecil-kecil namun lebih sering).

      Semoga bermanfaat
      Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. hery aditya says:

    Aku terkena penyakit ini udah cukup lama skitar 1 tahunan dn segala upaya sudah aku lakukan tp hasilnya sampai skrng masih kumat,sampai-sampai sy mengkomsumsi obat ?ª?? cukup mahal harganya ?ª?? sebijinya berkisar 470 ribuh tp ngk mempan jg:( apa ?ª?? harus aku lakukan?????

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Salam Sejahtera hery,
      Jaga pola makan anda, hindari stress juga karena stress merupakan salah satu factor pemicu. Periksakan diri ke dokter dan lakukwn pemeriksaan penunjang seperti endoscopy untuk memastikan kondisi lambung anda. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Febri Hamudu says:

    saya sudah alami gejala2 maag kronis sejak 4 hari yg lalu, awalnya saya kurang yakin, tapi setelah saya cek di google ternyata benar saya kena penyakit maag kronis. Tapi saya belum bilang pada orang tua saya. Yg saya tanyakan, apakah ada obat untuk maag kronis yg alami ?? Atau apakah ada ramuan yg bisa untuk mengobati maag kronis ??

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,
      Salam sehat,

      Penyakit gastritis/ lebih dikenal awan sebagai sakit mag sangat dipengaruhi pola makan. Bila dapat menjaganya niscaya kambuh mag dapat dicegah. Hindarilah makanan pedas dan asam terutama saat perut lapar, makan secara teratur (porsi kecil-kecil namun lebih sering)

      Untuk obat sendiri, terdapat obat untuk mag kronis, yang harus berdasarkan peresepan dokter untuk penggunaannya.

      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. wayan aspriadi says:

    mitos di kmpung saya
    Katanya singkong bsa ngobatin maag
    Pertyaan x saya ,,!!!emank betul bisa ndk kalok memang bisa,,,,,kandungan apa yg ada dlem singkong……

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. nohan says:

    selamat sore,
    anak saya sembuh dari sakit tifus sekitar 1 bulan yang lalu, tetapi 2 minggu ini setiap habis makan pagi selalu muntah atau keluar lagi. apakah itu sakit maag?, atau penyakit tifus terulang kembali, trim’s sebellumnya..

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. lisa says:

    apakah penyakit maag tidak bisa sembuh total seperti sediakala.soalnya selama ini sakit maag saya suka kumat.. padahal sudah lama menderita sakit maag, bahkan pernah masuk rumah sakit. terima kasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. selamat siang,

    kondisi tersebut hampir mirip dengan saya,tapi saya juga merasakan mual bahkan muntah apabila menkonsumsi minuman dingin,sepertinya semua yang ada di perut akan keluar semua bila sudah meminum minuman dingin.apakah ada yang tahu tentang hal ini…?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Hal Yang Harus Di Hindari Penderita penyakit Maag Kronis - [...] Hindari beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun,serta dodol. Read more: http://doktersehat.com/pantangan-buat-penderita-penyakit-maag-kronis/#ixzz25SzrhIwp [...]