Studi Baru: 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Memperpanjang Usia

doktersehat-ibu-hamil-minum-kopi

DokterSehat.Com– Urusan usia atau umur seseorang memang tidak ada yang tahu. Tapi, sebagai manusia yang memiliki kehidupan, sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan fisik maupun mental agar bisa hidup berkualitas dan panjang umur. Sebab, hampir semua orang sangat mendambakan memiliki umur yang panjang.

Dengan tingginya keingingan panjang umur dari kebanyakan orang, membuat para ilmuan terus melakukan observasi dan penelitian mendalam mengenai usia serta cara memperpanjangnya. Seperti yang baru saja dilakukan oleh ilmuan asal Johns Hopkins Bloomberg yang dikutip dari laman Boldsky.

Dalam penelitiannya, para ilmuan tersebut menemukan cara baru agar panjang umur. Cara ini cukup unik, yakni mengonsumsi 3 cangkir kopi setiap hari. Padahal, menurut sebagian besar orang, kopi merupakan minuman yang cukup keras dan bisa menyebabkan kerusakan pada lambung jika dikonsumsi secara berlebihan.

Perlu diketahui, dalam penjelasannya, peneliti tersebut membenarkan bahwa kopi memang cukup berisiko untuk lambung. Tapi, itu berlaku bagi penderita maag dan bagi orang yang jarang minum kopi. Sebab, jika seseorang memiliki kebiasaan dan rutin mengonsumsi kopi, maka dia akan lebih kebal serta justru dapat meningkatkan beberapa fungsi organ di dalam tubuh.

Selain itu, kopi juga dipercaya sebagai penawar stres yang paling ampuh. Seperti diketahui, stres merupakan cikal bakal datangnya berbagai macam penyakit yang bisa merenggut nyawa seseorang. Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi kopi akan terhindar dari stres sehingga dia akan merasa rileks terus sepanjang hari. Tentunya dengan rileks, tubuh akan senantiasa sehat, bukan?

Lebih jelas lagi disebutkan bahwa kopi bisa meningkatkan kemampuan otak sehingga seseorang bisa terhindar dari pikun, bahkan alzheimer. Namun, yang berhubungan langsung dengan usia seseorang adalah fungsi hati. Dijelaskan bahwa kopi bisa membuat organ hati seseorang menjadi lebih baik.

Seperti diketahui, hati merupakan organ penting yang bisa membuat seseorang tetap hidup dengan sehat. Sedangkan, kopi sendiri bisa membuat organ hati menjadi lebih baik kinerjanya karena kopi dipercaya bisa mengisi kembali sel-sel yang hilang di dalam tubuh yang berhubungan langsung dengan hati.

Kendati demikian, tak serta merta Anda harus mengonsumsi kopi secara brutal. Tetap pada takaran normal, yakni cangkir kecil. Dan jangan lupa untuk tidak menggunakan gula terlalu banyak dalam racikan kopi yang Anda minum.