Panas Dalam, Gangguan Tubuh Yang Kerap Disebut Penyakit

DokterSehat.Com – Benarkan panas dalam termasuk dalam sebuah penyakit? Jawabannya ternyata adalah bukan. Panas dalam masih tergolong sebagai masalah tubuh khususnya pada bagian pencernaan dan tenggorokan. Memang, bagian dalam tubuh akan terasa sangat panas dan tidak nyaman. Bahkan, bagian bibir atau dalam mulut bisa mengalami sariawan yang menyiksa. Namun, seorang ahli Penyakit dalam bernama dr. T Bahdar Johan, Sp.PD menyatakan bahwa dunia medis tidak pernah mengenal adanya penyakit panas dalam.

doktersehat-gigi-Periodontitis

Panas dalam sendiri sebenarnya adalah rasa yang ditangkap oleh seseorang saat tubuhnya kurang nyaman. Jika diukur dengan termometer, tidak akan ada perubahan suhu yang signifikan pada penderita panas dalam. Hanya saja, penyebab dari gangguan panas dalam ini memang sangat beragam dari adanya rasa kurang nyaman karena naiknya asam lambung pada kerongkongan, ketidakseimbangan hormon layaknya wanita yang mengalami menstruasi, atau bahkan karena melakukan pola makan yang kurang sehat.

Meskipun tidak dianggap sebagai penyakit, namun anda tentu tidak ingin mengalami panas dalam karena tentu akan sangat tidak nyaman bagi tubuh, bukan? Untuk mencegahnya, kita tentu harus memperhatikan pola makan dengan benar. Makan dengan teratur dapat menghindarkan tubuh dari kondisi naiknya asam lambung. Disamping itu, kita juga harus memperhatikan apa saja yang kita makan sehari-hari. Orang Indonesia memang cenderung menyukai makanan panas, pedas, dan berminyak. Makanan ini bisa memicu adanya iritasi pada saluran pencernaan yang tentu akan menimbulkan gejala panas dalam. Makanan yang terlalu panas atau dingin juga dapat mengganggu sistem pencernaan sehingga ada baiknya kita membatasi makanan tersebut agar tidak mudah terkena gejala panas dalam.

Percaya atau tidak, stress dan juga kelelahan ternyata juga bisa memicu gangguan panas dalam. Tubuh yang kelelahan karena berkegiatan terlalu berat ditambah dengan stress yang cukup tinggi bisa membuat hormon tubuh menjadi kurang seimbang. Lakukan olahraga secara teratur dan atur waktu dengan baik sehingga kondisi tubuh pun tetap bugar dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan layaknya panas dalam.