Palpitasi – Ulasan Singkat

Palpitasi adalah istilah untuk menggambarkan perasaan yang terjadi ketika seseorang merasa abnormal dalam denyut jantung. Palpitasi ini dapat tergambarkan dengan denyut jantung yang berlebihan, dan dapat terjadi dalam waktu yang lama, di mana denyut jantung seperti saling berkejar-kejaran. Masing-masing bagian dari jantung berpotensi untuk terangsang dan menyebabkan denyut jantung ekstra. Sirkuit pendek pada sistem konduksi listrik jantung juga dapat menyebabkan perangsangan yang abnormal.

doktersehat-serangan-jantung-arginine-sehat-heart-attack

Jantung memiliki 2 tahap pompa listrik. Ruangan atas jantung yang disebut atria (atria adalah sebutan jamak dari atrium) mengumpulkan darah dari tubuh dan memompakan darah tersebut ke dalam ruangan bawah yang diebut ventrikel. Terdapat waktu jeda sedikit untuk ventrikel terisi, dan lalu memompakan darah keluar jantung dan kembali ke tubuh. Agar semua ini berjalan dengan terkoordinasi, jantung memiliki sistem kelistrikan sendiri.

Sel jantung yang khusus untuk kelistrikan tertanam dalam bagian otot jantung bagian atrium untuk membangkitkan kelistrikan dan bertindak sebagai pacemaker untuk jantung. Sekitar 60–80 kali permenit pacemaker yang disebut nodus SA (sinoatrial) merangsang dan mengirimkan sinyal listrik ke seluruh sel otot atrium sehingga memungkinkan otot jantung terangsang dan menimbulkan bunyi jantung pertama. Ada dua bunyi jantung: bunyi jantung pertama dan bunyi jantung kedua.

Listrik jantung juga melintasi ventrikel namun tertahan selama beberapa detik pada persimpangan antara atrium dan ventriul yaitu di nodus atrio-ventrikuler (nodus AV) untuk memungkinkan ventrikel terisi darah. Sinyal listrik lalu berjalan melewati berkas listrik untuk memungkinkan sel otot ventrikel terangsang sehingga sel otot ventrikel memompakan darah dari jantung ke seluruh tubuh dan menyebabkan bunyi jantung kedua. Ketika sel otot ventrikel memompakan darah ke seluruh tubuh, terdapat beberapa saat ketika reset dari kelistrikan jantung untuk persiapan siklus impuls-kelistrikan selanjutnya.  Saat-saat reset tersebut adalah saat yang sama ketika darah kembali dan mengisi jantung, sehingga siap untuk melakukan denyut jantung berikutnya.