Pakar Kesehatan: Waktu Makan Lebih Berpengaruh Pada Kesehatan Jika Dibandingkan Dengan Apa Yang Kita Makan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika melewatkan waktu makan adalah hal yang biasa saja, khususnya jika ada banyak tugas yang harus dilakukan atau sedang dalam perjalanan jauh. Selain itu, beberapa orang juga memilih untuk tidak makan hanya karena ingin menurunkan berat badan. Sayangnya, meskipun sepele, melewatkan waktu makan ternyata memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan. Sebagai contoh, jika kita membiarkan perut kita kosong, kita akan kesulitan untuk berkonsentrasi atau fokus sehingga sulit menyelesaikan tugas.

doktersehat-sarapan-makan-gizi-sehat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Kings College London dan juga University of Sau Paulo menunjukkan sebuah fakta dimana mereka yang cenderung sering melewatkan waktu makan akan cenderung lebih tidak sehat jika dibandingkan dengan mereka yang makan tepat waktu setiap harinya. Penelitian ini sendiri mempelajari dampak waktu makan yang tidak teratur dengan adanya penyakit tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes tipe 2. Dari penelitian ini, pakar kesehatan menemukan fakta menarik dimana jika sebelumnya kita berpikir bahwa makan setelah jam 8 malam bisa memicu masalah obesitas, para peneliti justru tidak menemukan bukti meyakinkan jika makan setelah jam 8 malam ini bisa memicu obesitas, khususnya pada anak-anak.

Selain itu, jika banyak masyarakat yang berpikir jika apa yang dimakan akan berpengaruh pada kesehatan tubuh sehingga tidak masalah jika kita melewatkan waktu makan, ternyata salah kaprah. Waktu makan ternyata memiliki pengaruh besar pada kesehatan tubuh, meskipun memang nutrisi tetaplah harus menjadi pertimbangan setiap kali kita makan.

Dari penelitian ini, pakar kesehatan dr. Gerda Pot membenarkan adanya pepatah yang berkata jika “sarapanlah layaknya raja, makan sianglah layaknya pangeran, dan makan malam seperti orang miskin” ternyata ada benarnya juga. Melewatkan sarapan sama sekali tidak disarankan jika kita ingin tubuh kita tetap sehat dan sebaiknya apa yang kita makan saat sarapan penuh dengan nutrisi dan gizi yang tinggi.