Pakar Kesehatan: Sikat Gigi Tidak Perlu Diberi Helm

DokterSehat.Com – Apa hal pertama yang akan kita perhatikan andai memilih sikat gigi? Banyak orang yang langsung mencari sikat gigi yang memiliki helm atau penutup plastic bagi bulu sikat dengan alasan sikat gigi ini akan memberikan perlindungan lebih baik dari paparan bakteri di kamar mandi. Sayangnya, bagi pakar kesehatan, penggunaan helm atau penutup plastic ini sebenarnya hanyalah hal yang percuma adanya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sikat-gigi

Sebuah penelitian dilakukan oleh pakar kesehatan dari American Society for Microbiology untuk mempelajari fungsi dari helm penutup plastic pada sikat gigi. Hasilnya ternyata sangat mengejutkan. Alih-alih memberikan perlindungan pada bakteri dan menjaga sikat agar tidak mudah kotor, hasil penelitian ini justru menunjukkan fakta bahwa bulu sikat yang ditutupi dengan helm justru tidak higienis. Bahkan, helm penutup ini sama sekali tidak memberikan perlindungan dari bakteri dan justru menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk terus tumbuh berkembang biak pada kepala sikat.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan jika saat menyikat gigi, kita tentu akan segera membilas sikat untuk membersihkan sisa pasta gigi dan segera menutupnya dengan helm penutup begitu selesai menggunakannya. Hal ini akan membuat bagian kepala atau bulu sikat dalam kondisi yang basah dan pengap dan bertahan dalam waktu yang lama mengingat tidak adanya udara yang mengeringkan bagian kepala sikat. Kondisi ini ternyata sangat disukai oleh bakteri kamar mandi. Padahal, kondisi di kamar mandi sendiri sudah cukup lembab sehingga penggunaan helm penutup sikat menjadi tidak berguna sama sekali.

Sebenarnya, penggunaan helm penutup kepala sikat gigi diperuntukkan bagi mereka yang sedang dalam perjalanan jauh sehingga sikat gigi tidak tercampur dengan berbagai peralatan mandi atau barang-barang lain di tas. Sementara itu, untuk penggunaan di dalam rumah, ada baiknya kita tidak memakai helm penutup sikat gigi dan andai tidak ingin mendapatkan paparan bakteri kamar mandi, tempatkan sikat gigi di bagian luar kamar mandi saja.