Pakar Kesehatan: Musim Dingin Membuat Banyak Jomblo Mencari Pasangan

DokterSehat.Com – Di belahan bumi utara, kita sedang mengalami musim dingin dimana suhu udara bisa turun hingga ke angka minus di bawah nol derajat Celcius. Tak hanya di belahan bumi utara, kita di Indonesia juga sedang menikmati musim hujan yang juga cenderung membuat suhu udara lebih dingin jika dibandingkan dengan saat musim kemarau. Selain membuat kita menjadi lebih kerap memakai jaket untuk mengatasi udara dingin, pakar kesehatan menyebutkan jika dalam musim dingin seperti sekarang, ada kecenderungan meraka yang jomblo atau belum memiliki pasangan memiliki semangat lebih besar dalam mencari pasangan hidup. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-pilek-flu-dingin

Dr. Scott Carroll yang berasal dari Albuquerque, Amerika Serikat, menyebutkan jika secara psikologis, manusia ternyata memang cenderung akan lebih bersemangat untuk mencari pasangan pada musim dingin. Selain karena suhu yang menurun, banyaknya hari libur juga akan membuat para jomblo merasa kesepian sehingga ingin mencari pasangan hidup.

Budaya manusia yang menyebutkan bahwa hari libur pada musim dingin sebagai waktu untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang tersayang atau keluarga juga menjadi salah satu faktor yang membuat banyak kaum jomblo yang kesepian. Dr. Carroll yang merupakan psikolog juga menyebutkan bahwa ada dorongan evolusi pada manusia yang memang ingin menjalin hubungan dengan pasangan saat musim dingin.

Tak percaya? Beliau menyebutkan jika bulan November dan bulan Desember adalah waktu dimana banyak pasangan yang mengalami kehamilannya dimana pada bulan Agustus atau September, kita akan menemukan peningkatan angka kelahiran bayi. Selain itu, ada sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Obestetrics and Gynecology pada tahun 2001 yang menduga bahwa suhu dingin cenderung membuat pria memproduksi sperma dengan jumlah yang lebih banyak.

Jadi, apakah anda jomblo dan merasa kesepian di tengah-tengah suhu yang dingin seperti sekarang ini? Mungkin ada baiknya memang anda segera mencari pasangan agar tidak kesepian.