Pakar Kesehatan: Meditasi Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

DokterSehat.Com – Meditasi adalah salah satu aktifitas yang diyakini mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan jika dengan melakukan meditasi secara rutin, maka kita akan mengurangi resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi ataupun penyakit jantung. Selain itu, meditasi yang rutin dilakukan setiap hari akan sangat baik untuk memperlambat penuaan dini.

shutterstock_139873150 copy

Pakar kesehatan menyebutkan jika telah ada sebuah penelitian yang mengungkapkan fakta bahwa dengan melakukan meditasi transendental dengan rutin, maka kita pun bisa semakin baik dalam memperlambat kematian sel-sel tubuh. Dalam tingkat DNA sendiri, meditasi transendental dapat memicu peningkatan gen telomerase. Gen inilah yang bisa memicu kesehatan organ kardiovaskular dan berpengaruh besar dalam memperlambat penuaan pada tubuh.

Menurut penelitian ini, meditasi akan membuat dua gen telomerase akan menjadi lebih aktif dan pada akhirnya berpengaruh pada semakin menurunnya tekanan darah. Dengan tekanan darah yang normal, maka kesehatan jantung dan juga organ kardiovaskular lainnya pun akan cenderung lebih sehat sehingga kemungkinan adanya kematian dini karena serangan jantung atau stroke pun bisa menurun dengan signifikan.

Penelitian yang dilakukan oleh Howard University Medical Center ini sendiri melibatkan 48 partisipan baik pria maupun wanita yang memiliki kecenderungan menderita tekanan darah yang tinggi. Sebagian dari partisipan diminta untuk melakukan meditasi transendental dengan rutin. Sementara itu, sebagian lain dari partisipan diminta untuk memodifikasi gaya hidupnya dengan lebih sehat dimana mereka menurunkan berat badan, mengurangi asupan harian garam, hingga rutin melakukan aktifitas fisik. Hasilnya adalah, dalam 16 minggu, mereka yang melakukan meditasi transendental akan lebih cepat mengalami penurunan tekanan darah.

Dengan adanya fakta ini, kita tentu bisa menggunakan meditasi sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan akan lebih baik jika kita mengkombinasikannya dengan pola makan yang lebih baik dan juga aktifitas fisik yang rutin.