Pakar Kesehatan: Jangan Mandi Lebih Dari 10 Menit

DokterSehat.Com – Seberapa lamakah orang mandi? Bagi sebagian orang, mandi hanyalah sebuah aktivitas yang bisa membuat tubuh mereka menjadi lebih segar dan lebih bersih. Banyak kaum pria yang sudah menganggap tubuhnya sudah bersih andai sudah membasuh seluruh tubuhnya dengan sabun dan air sehingga mandi pun bisa dilakukan hanya dalam waktu beberapa menit saja. Hanya saja, bagi sebagian wanita, mandi bisa menjadi hal yang cukup lama untuk dilakukan. Sebagai contoh, mereka membutuhkan waktu untuk mandi karena harus melakukan perawatan pada kulit layaknya luluran yang memang akan memakan waktu yang cukup lama. Sebenarnya, seberapa lamakah waktu ideal untuk mandi?

doktersehat-mandi

Pakar kesehatan dr. David Bank yang merupakan penulis buku berjudul The Center for Dermatology, Cosmetic, and Laser Surgery, menyebutkan jika meskipun banyak orang yang mengolok-olok mereka yang mandi dengan cepat sebagai orang yang kurang baik dalam menjaga kebersihan badan, sebenarnya mandi dalam waktu yang lama justru sangat tidak direkomendasikan untuk dilakukan.

Menurut beliau, waktu yang paling direkomendasikan untuk mandi adalah 10 menit saja. Bukankah ini adalah waktu yang sangat singkat? Memang, namun, dr. Bank punya alasan khusus mengapa kita sebaiknya mandi tidak lebih dari 10 menit. Beliau menyebutkan jika mandi dalam waktu yang terlalu lama, apalagi hingga puluhan menit, akan beresiko menyebabkan masalah kulit kering. Hal ini tidak akan terjadi jika kita mandi dalam waktu yang lebih cepat. Padahal, ada orang yang sudah secara alami mengalami masalah kulit kering sehingga mandi dalam waktu yang lama bisa menyebabkan masalah kulit ini menjadi semakin parah.

Dr. Bank menyebutkan jika andai kita mandi air dingin, tidak masalah jika kita melampaui waktu 10 menit. Hanya saja, mandi air hangat sebaiknya hanya dilakukan dalam waktu 5 hingga 10 menit saja. Andai kulit apda akhirnya menjadi kering atau keriput setelah kita mandi, maka ada baiknya kita memakai lotion pelembab untuk mengatasinya.