Pakar Kesehatan: Jangan Makan Malam Dengan Daging Ayam

DokterSehat.Com – Agar tidak mudah gemuk atau bisa segera menurunkan berat badan, banyak orang yang rela untuk tidak mengkonsumsi makan malam atau setidaknya makan malam lebih sore dari biasanya. Menurut pakar kesehatan, waktu makan malam sebenarnya tidak akan berpengaruh besar dalam membuat tubuh kita gemuk atau tidak. Mereka justru lebih menyoroti apa yang kita makan saat makan malam karena hal inilah yang akan lebih mudah membuat kita gemuk. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sehat-pria-nutrisi-tellur-susu-vitamin-kalsium-daging-telur

Russel Rosenberg, Ph.D, yang berasal dari National Sleep Foundation, berkata jika untuk makan malam, kita harus lebih berhati-hati dalam memilih bahan makanan dan sebisa mungkin memilih asupan makanan yang sehat. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita hindari, yakin daging ayam, telur, dan berbagai makanan yang memiliki kandungan protein tinggi lainnya.

Mengapa kita sebaiknya menghindari makanan dengan kandungan protein tinggi untuk makan malam? Rosenberg berkata bahwa saat malam hari, tubuh akan cenderung mengalami penurunan fungsi pencernaan mengingat pada waktu ini tubuh sudah diatur untuk beristirahat dan tidur. Menurut beliau, saat malam hari, penurunan aktifitas pencernaan ini bahkan bisa mencapai 50 persen jika kita tertidur. Makanan yang kaya akan protein layaknya daging ayam atau telur akan cenderung lebih lama dan lebih sulit untuk dicerna sehingga dikhawatirkan akan lebih mudah untuk membuat badan kita menggemuk.

Alih-alih mengkonsumsi makanan berat dan kaya akan kandungan protein, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi buah-buahan dan menurunkan asupan karbohidrat. Andaipun kita merasa lapar dan sangat ingin mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat atau protein, usahakan untuk mengkonsumsinya 3 atau 4 jam sebelum kita tertidur.

Baca Juga:  Apaka Bursitis Itu?

Selain makanan-makanan tersebut, Rosenberg juga sangat tidak menyarankan kita untuk mengkonsumsi kopi atau makanan pedas sebelum tidur karena bisa memicu masalah naiknya asam lambung sehingga membuat perut tidak nyaman dan kita pun akan kesulitan untuk segera terlelap.