Pakar Kesehatan: Jangan Berkumur Dengan Air Setelah Menyikat Gigi

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika kita bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara rutin membersihkan gigi setidaknya dua kali sehari, yakni setelah makan dan sebelum tidur. Untuk memastikan bahwa proses penyikatan gigi ini berjalan dengan sempurna, ada banyak sekali hal yang harus kita perhatikan; dari yang berupa pemilihan sikat gigi yang baik dan efektif dalam membersihkan gigi secara keseluruhan, memilih pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi, atau bahkan teknik menyikat gigi yang benar. Bahkan, berkumur setelah menyikat gigi juga harus kita perhatikan, lho.

doktersehat-sikat-gigi

Pakar kesehatan menyebutkan jika kebanyakan masyarakat di Indonesia langsung berkumur dengan air begitu selesai menyikat gigi. Biasanya, alasan utama dari berkumur ini adalah karena mulut sudah terasa cukup pedas dan penuh dengan busa yang tentu saja harus segera dibersihkan dengan air. Namun, menurut pakar kesehatan gigi, dengan segera berkumur dengan air, kita justru akan menghilangkan kandungan fluoride yang berasal dari pasta gigi yang kita gunakan. Cobalah untuk menunggu beberapa saat agar fluoride bisa langsung bekerja pada gigi karena jika kita langsung membuang busa pasta gigi dan berkumur, maka kandungan fluoride ini langsung larut dan ikut terbuang.

Selain berkumur, banyak masyarakat yang langsung memakai cairan mouthwash begitu selesai menyikat gigi dengan alasan menyempurnakan pembersihan gigi, pakar kesehatan justru sangat tidak menyarankan penggunaan mouthwash ini langsung setelah menyikat gigi dengan alasan yang sama; menghilangkan fluoride yang sebelumnya didapatkan dari pasta gigi. Penggunaan mouthwash yang paling disarankan adalah saat waktu yang berbeda dari kita menyikat gigi layaknya setelah makan siang. Tak hanya itu, ada baiknya kita tidak makan dan minum apapun dalam kurun waktu setengah jam setelah penggunaan mouthwash yang bisa memberikan efek terbaik bagi kesehatan gigi kita.