Pakar Kesehatan: Bercinta Saat Hamil Itu Perlu

DokterSehat.Com – Kehamilan adalah salah satu hal yang sangat membahagiakan dan ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Namun, tahukah anda jika ada sebagian orang yang sangat ingin menghindari adanya masalah pada kehamilan hingga memilih untuk berpuasa berhubungan intim hingga Sembilan bulan lamanya? Biasanya, alasan utama untuk menghindari berhubungan intim selama kehamilan adalah ketakutan hubungan intim ini bisa membuat kandungan terguncang. Sebenarnya, apakah memang sebaiknya selama kehamilan kita tidak melakukan hubungan intim?

doktersehat-pasangan-seks

Pakar kesehatan Pepper Schwartz, Ph.D yang merupakan professor of sociology yang berasal dari University of Washington di Seattle, Amerika Serikat, berkata jika ada banyak pasangan yang sangat fokus pada kesehatan kehamilan hingga rela untuk tidak melakukan hubungan intim. Padahal, dalam dunia kesehatan, hubungan intim ternyata sebaiknya tetap dilakukan selama masa kehamilan karena bisa menjaga keharmonisan rumah tangga dan menjaga kesehatan mental suami dan istri.

Schwartz berkata jika saat fase kehamilan, ada kecenderungan wanita bisa mendapatkan orgasme dengan lebih baik dari sebelumnya. Hal ini berarti, kualitas hubungan seksual suami istri akan menjadi lebih baik selama fase ini. Selain itu, dengan berhubungan intim, maka wanita hamil yang biasanya akan mudah terkena stress karena berusaha sebisa mungkin menjaga kesehatan kehamilan, akan mampu mendapatkan peningkatan kadar hormone endorphin di dalam tubuh yang mampu membuat wanita menjadi lebih tenang, terhindar dari stress, dan merasa bahagia.

Yang menarik dari berhubungan intim saat hamil adalah pasangan suami istri bisa melakukan eksplorasi posisi seks yang jauh lebih menyenangkan. Karena ada kandungan, pasangan akan cenderung meninggalkan posisi misionaris yang membosankan dan berganti dengan posisi-posisi lain yang tentu akan menciptakan kepuasan tersendiri.

Baca Juga:  Karbohidrat Untuk Otak

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya memang pasangan suami istri tetap berhubungan intim selama fase kehamilan. Namun, ada baiknya mereka berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter tentang posisi hubungan badan yang sepertinya aman bagi kesehatan kehamilan.