Pakar Kesehatan: 8,7 Persen Anak Indonesia Masih Belum Mendapatkan Imunisasi

DokterSehat.Com – Belakangan ini, kita tentu cukup sering melihat di media sosial tentang orang-orang yang tidak ingin melakukan imunisasi pada anaknya karena menganggap kegiatan ini sebagai cara menurunkan sistem kekebalan tubuh anaknya secara signifikan. Padahal, bagi pakar kesehatan, imunisasi adalah hal yang sangat penting bagi sang buah hati agar tidak mudah terserang berbagai penyakit berbahaya layaknya campak, polio, tetanus, dan lain sebagainya. Namun, dalam realitanya, memang masih ada banyak anak di Indonesia yang masih belum mendapatkan imunisasi.

doktersehat-polio

Menurut data yang didapatkan dari Data Riset Kesehatan Dasar Nasional, setidaknya ada 8,7 persn anak dengan rentang usia 12 hingga 23 bulan di Indonesia yang masih belum mendapatkan imunisasi sama sekali. Dari rasio tersebut, jumlah anak yang belum mendapatkan imunisasi sebagian besar terdapat di Papua dengan angka 36,6 persen dari total jumlah. Memang, menurut data ini, sebagian besar anak yang belum mendapatkan imunisasi terjadi karena masih minimnya sarana kesehatan yang tersedia. Namun, dalam realitanya kini memang ada banyak orang tua yang cenderung anti dengan imunisasi dengan berbagai alasan.

Dengan gencarnya informasi yang bisa didapatkan dengan mudah di internet, yang sayangnya belum tentu benar adanya, banyak orang tua yang justru yakini jika secara alami tubuh sang anak akan mampu melawan berbagai penyakit hanya dengan modal sistem ketahanan tubuhnya. Mereka berpikir jika dengan terkena kuman, bakteri, hingga penyakit, sistem kekebalan tubuh anak akan segera menguat dengan sendirinya. Padahal, menurut pakar kesehatan Cissy Kartasasmita adri Ikatan Dokter Anak Indonesia, hal ini sama sekali tidak cukup.

Tanpa disadari orang tua, bakteri dan kuman juga ikut berkembang menjadi lebih kuat sehingga kemungkinan membuat anak terserang penyakit berbahaya pun akan tetap cukup tinggi. Menurut Cissy, orang tua tidak perlu khawatir akan imunisasi yang akan didapatkan oleh anaknya mengingat vaksin-vaksin yang diberikan pada anak telah teruji secara klinis sehingga akan secara baik diterima oleh tubuh anak. Meskipun biasanya akan memberikan efek samping setelah imunisasi, secara umum sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat karena imunisasi ini akan memberikan senjata tambahan baru bagi anak untuk melawan berbagai penyakit berbahaya.

Baca Juga:  Mengenal Salah Satu Metode Kontrasepsi Bagi Pria Bernama Vasektomi

Dengan adanya fakta ini, apakah anda masih yakin tidak mau mengimunisasi anak anda?