Pakaian Seperti Ini Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

DokterSehat.Com– Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar bisa terlelap dan tidur dengan lebih cepat. Sebagai contoh, kita bisa mandi sebelum tidur agar tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks sehingga akan lebih cepat untuk mengantuk dan terlelap. Tak hanya itu, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita memilih pakaian yang tepat agar tubuh terasa nyaman dan bisa segera terlelap sekaligus tidur dengan lebih nyenyak.

doktersehat-REM-tidur

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk memakai pakaian dari bahan katun yang bisa menyerap keringat dan nyaman untuk digunakan. Selain itu, pastikan bahwa pakaian yang digunakan tidak ketat dan cenderung longgar karena bisa membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin dan nyaman. Hal ini ternyata bisa membantu kita bisa segera mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Cara lain yang bisa kita lakukan jika ingin segera terlelap dan tidur dengan lebih nyenyak adalah dengan meredupkan lampu pada kamar tidur kita. Jika bisa, ada baiknya kita bahkan mematikan saja lampu sehingga ruangan menjadi gelap. Kondisi kamar yang gelap atau redup ternyata bisa merangsang tubuh memproduksi hormon melatonin dengan lebih cepat. Adanya hormon ini akan membuat kita lebih mudah mengantuk dan akhirnya tertidur.

Banyak orang yang masih memainkan ponselnya meskipun sudah dalam kondisi siap untuk tertidur. Meskipun mengasyikkan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan bermain ponsel ini bisa membuat kita tidur pada jam yang jauh lebih larut dan akhirnya memicu masalah kurang tidur. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mematikan semua perangkat elektronik berupa ponsel, komputer, atau televisi setidaknya 60 menit sebelum kita tertidur agar bisa segera benar-benar terlelap.

Suhu ruangan yang panas dan gerah tentu membuat kita tidak bisa segera tidur dengan nyenyak. Untuk mengatasinya, kita bisa menyalakan AC atau kipas angin agar suhu ruangan menjadi lebih nyaman untuk tidur. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita mengatur suhu ruangan di angka 18 derajat Celcius agar bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.