Pagi Hari Perut Sudah Kembung? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com– Perut kembung yang terjadi di pagi hari bisa membuat badan menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktifitas. Bagaimana tidak, gara-gara hal ini, sarapan bisa menjadi tidak enak dan kita tidak benar-benar bisa memulai pekerjaan dengan kondisi bersemangat. Sebenarnya, apa sih penyebab dari perut kembung di pagi hari?

doktersehat-stomach-perut-kembung-gendut-diabetes-obesitas-sindrom-metabolik

Terlalu banyak makan di malam sebelumnya
Jika kita terlalu banyak makan di malam sebelumnya, maka kemungkinan untuk mengalami perut kembung juga meningkat. Hal ini disebabkan oleh saluran pencernaan yang kesulitan untuk mencerna makanan dalam jumlah yang sangat banyak dengan efektif. Jika setelah makan besar kita langsung tidur, maka semakin buruk pula kinerja saluran pencernaan. Saat bangun pagi, perut pun terasa begah dan kembung akibat dari makanan yang tidak benar-benar dicerna dengan baik.

Makan terlalu larut di malam sebelumnya
Tak hanya makan terlalu banyak, makan di jam terlalu larut di malam sebelumnya juga bisa memicu perut kembung. Sistem pencernaan manusia cenderung tidak mampu mencerna makanan dengan baik saat kita sudah tertidur. Hal ini akan membuat makanan tercampur dengan gas yang tidak bisa keluar karena saluran pencernaan sudah beristirahat sehingga akhirnya memicu perut kembung saat bangun pagi.

Cemas
Jika kita merasa gugup atau cemas layaknya saat sedang menghadapi ujian sekolah atau wawancara pekerjaan, maka hal ini juga bisa memicu masalah perut kembung. Cemas ternyata bisa membuat ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang bisa membuat reaksi pada otak dan perut. Tak hanya membuat perut kembung, kadangkala hal ini juga bisa memicu diare.

Demi menghindari masalah perut kembung di pagi hari ini, ada baiknya kita memperhatikan asupan makanan yang sehat setiap hari, khususnya dalam mengkonsumsi karbohidrat yang mudah dicerna seperti yang ada pada nasi, pisang, selada, anggur, dan yoghurt. Jika kita menderita masalah intoleransi laktosa, ada baiknya kita berhati-hati dalam mengkonsumsi susu yang bisa menyebabkan perut kembung. Selain itu, pastikan untuk tidak makan terlalu larut dan terlalu banyak di malam hari.