Paget Tulang

Doktersehat.com – Tulang merupakan bagian tubuh yang cukup rentan untuk terserang penyakit. Paget tulang adalah penyakit yang mempengaruhi proses metabolisme tulang (pembentukan kembali tulang yang menua atau rusak). Jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus maka tulang yang terkena bisa mengalami rapuh dan cacat. Tingkat keparahan penyakit ini dapat berubah seiring dengan pertambahan usia.



Penyebab 

Tulang selalu mengalami proses metabolisme atau pembentukan kembali ketika ada yang menua atau rusak. Tapi pada penderita paget tulang, proses ini terganggu sehingga berjalan lebih cepat daripada biasanya serta membuat tulang yang dihasilkan menjadi lebih lunak dan lebih lemah. Kendati begitu, hingga kini penyebab munculnya gangguan ini belum diketahui.

Gejala 

Gejala yang paling sering muncul adalah nyeri tulang. Tapi munculnya nyeri bergantung pada bagian tubuh yang diserang, diantaranya: – Nyeri panggul (tulang panggul) – Agak tuli dan sakit kepala (tulang tengkorak) – Nyeri, kesemutan dan mati rasa di tangan atau kaki (tulang belakang) – Kaki menekuk membentuk busur (tulang kaki)

Pengobatan
– Obat-obatan osteoporosis (bisphosphonates) seperti Alendronate (Fosamax), Ibandronate (Boniva), Pamidronate (Aredia), Risedronate (Actonel) dan asam Zoledronic (Zometa, Reclast). –
Dari berbagai sumber