P3K Suhu Ekstrim (Trauma Dingin)

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) untuk kejadian Suhu Ekstrim yang rendah / Trauma Dingin untuk para pembaca DokterSehat.com, semoga bisa berguna untuk penanganan nya secara tepat dan cepat:



Suhu Ekstrim yang rendah / Trauma Dingin

Bila timbul suhu ekstrim yang rendah terdapat dua tahapan yang akan terjadi yakni hipotermia dan frostbite. Hipotermia merupakan kondisi dimana suhu tubuh menurun di bawah suhu normal. Bila turun 1-2 ºC maka tingkat hipotermia tergolong masih ringan. Namun, jika turun lebih dari 3 ºC maka tingkat hipotermia tergolong berat. Penderita akan mengalami menggigil yang ringan sampai berat tergantung tingkatannya. Selain itu, pasien juga bisa mengalami mati rasa, gerakan melambat, bahkan kesadarannya menurun. Bila hal itu terjadi segera bawa penderita ke rumah sakit.

Untuk meredakan gejala yang terjadi lakukan pertolongan pertama berikut ini:

  1. Perhatikan pernapasan dan denyut nadi pasien. Bersiaplah melakukan tindakan resusitasi jantung paru.
  2. Bila keadaan memungkinkan segeralah pindahkan pasien ke ruangan dengan suhu kamar. Namun, bila keadaan tidak memungkinkan segeralah ganti pakaian pasien yang basah dengan pakaian kering kemudian selimuti seluruh tubuh pasien agar hangat.
  3. Jangan gosok tubuh pasien khususnya pada organ jantung karena bisa menyebabkan komplikasi yang fatal.
  4. Hangatkan tubuh pasien dengan perlahan. Jangan langsung memanaskan tubuh pasien. Sementara itu, kompres daerah ketiak, dada, leher, pergelangan tangan, dan lipatan paha dengan kain yang dibasahi air hangat.

Secara perlahan beri minum air hangat bila pasien masih sadar. Bila terlalu cepat menghangatkan tubuh pasien dikhawatirkan bisa menyebabkan gangguan jantung.

Frostbite

Merupakan kondisi dimana sebagian organ tubuh membeku akibat terpapar suhu dingin yang berlebihan. Biasanya organ yang terkena, antara lain dagu, ujung jari tangan dan kaki, cuping hidung, serta cuping telinga. Frostbite pada organ tubuh biasanya ditandai dengan kulit yang terlihat pucat dan keras, bila terkelupas nampak jaringan di bawahnya yang berwarna merah dan nyeri. Biasanya organ akan mengalami mati rasa.

Baca Juga:  Bersepeda Baik Untuk Kesehatan Mental Dan Fisik

Bila tubuh menunjukan gejala ini segera lakukan pertolongan pertama berikut ini:

  1. Pindahakan pasien ke tempat yang lebih hangat
  2. Rendam orang yang frostbite dalam wadah berisi air hangat sampai kulit memerah kurang lebih selama 45 menit.
  3. Jangan menggaruk atau menggosok daerah yang mengalami frostbite sebab bisa mengakibatkan cedera jaringan
  4. Bila tidak ada air hangat, balut dengan kain organ yang mengalami frostbite. Bila tangan yang mengalami frostbite maka letakkan saja tangan di bawah ketiak atau perut.
  5. Segeralah ke rumah sakit bila masih tetap mati rasa selama proses penghangatan.

Gejala-gejala di atas tidak hanya disebabkan oleh paparan suhu ektrim panas atau dingin. gejala tersebut juga bisa diakibatkan gangguan jantung, dehidrasi, penggunaan alkohol dan obat-obatan tertentu.

Berikut ini beberapa obat yang bisa menyebabkan gangguan seperti yang timbul akibat paparan panas yang berlebihan, antara lain:

  1. Antikolinergik (obat batuk)
  2. Antihistamin (obat alergi)
  3. Amfetamin (obat diet)
  4. Antikonvulsan (obat kejang)
  5. Obat jantung dan tekanan darah.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pemakaian obat-obatan di atas kepada dokter Anda.