informasi kesehatan


P3K Kegawatdaruratan Gigi

P3K Kegawatdaruratan Gigi

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) untuk kejadian Kegawatdaruratan Gigi untuk para pembaca DokterSehat.com, semoga bisa berguna untuk penanganan nya secara tepat dan cepat:

Kegawatdaruratan Gigi

Kegawatdaruratan gigi dapat terjadi karena adanya kecelakaan yang dialami oleh penderita. Akibat kecelakaan tersebut dapat menimbulkan adanya robekan, luka pada gigi,mulut ataupun gusi yang pada akhirnya muncul pendarahan atau pembengkakan gigi.

Terdapat beberapa pembahasanyang akan diulasterkait dengan kedaruratan gigi yaitu:

Sakit Gigi

Sakit gigi pada umumnyatimbul akibat gigi berlubang dan gangguan pada bagian gusi. Selain itu sakit gigi dapat juga disebabkan adanya kelainan laindari bagian luar gigi, seperti kelainan padatelinga, hidung, bahkan bisa juga disebabkan adanya kelainan pada jantung.

Pertolongan pertama sebelum memutuskan meminta pertolongan dokter untuk menangani masalah sakit gigi ini antara lain adalah:

  1. Konsumsi paracetamol atau aspirin. Penggunaan obat-obatan tersebut dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari gejala sakit gigi, yang perlu digarisbawahi adalahobat jenis aspirin tidak diperbolehkan diberikan pada anak-anak karena dapat memicu komplikasi serius.
  2. Menghindari konsumsi makanan dan minuman manis, pedas, panas serta dingin. Makanan yang terllau manis, pedas, dingin, dan panasdapat menyebabkan iritasi gigi dan akan semakin meningkatkan kadar rasa sakit.
  3. Berkumur menggunakan air hangat yang dicampur garam pada tiap jam.
  4. Sakit gigi yang disebabkan gigi berlubang dapatmenutup bagian gigi berlubang dengan menggunakan kapas yang dibasahi minyak cengkeh.
  5. Jika sakit gigi belum juga reda, baru ambil langkah untuk pergi ke dokter.

Gigi Patah

Gigi patah dapat disebabkan oleh adanya beberapa keadaan seperti lepasnya gigi pada bagian email gigi atau lepasnya gigi pada seluruhbagian mahkota gigi.

Adapun pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk mengobati gigi patah adalah:

  1. Mengompresbagian gigi yang patah dengan menggunakan kain yang telah dibasahi air dingin. Mengompres gigi dengan mempergunakan air dingin ini bermanfaat untuk meminimalisir pembengkakan.
  2. Menyimpan patahan gigi ke dalam tempat yang di dalamnya terdapat susu cair.Patahan gigi juga dapatdibungkus dengan menggunakan kain yang basa
  3. Segera pergi ke dokter gigi.

Gigi Tanggal

Gigi tanggal dapat terjadi karena faktor ketidaksengajaanyang diakibatkan oleh pukulan ataupunterjatuh dan pertolongan pertama untuk gigi tanggal dapat digolongkan berdasarkan pada usia gigi, termasuk gigi permanen atau gigi susu.
Jika gigi yang tanggal merupakan gigi susu, yakni gigi pada anak yang berusia kurang dari 7tahun, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalahmengompres bagian tempat gigitanggal dengan menggunakan air dingin. Jika anak tidak keberatan, anak dapat diminta untuk mengulum es batu untuk mengurangi pembengkakan.
Sementara jika gigi yang tanggal adalah gigi permanen atau gigi orang dewasa, maka gigi yang tanggal ini dapat dipasangkan kembalipada tempatnya dan jika masih dalam jangka waktu kurang dari 20 menit dapat segera pergi ke dokter gigi.

Untuk pertolongan pertama yang dapat dilakukan antara lain adalah:

  1. Pegang gigi yang tanggal pada bagian mahkotanya, bukan pada bagian akar.
  2. Hindari atau jangan membersihkan atau menggosokgigi dengan menggunakan benda apapun.
  3. Bilas gigi dengan menggunakan air dingin yang mengalir selama ±10 detik.
  4. Jika masih memungkinkan, tempatkan gigi kembali pada tempat semula.Selanjutnya gigit kain yang telah dibasahi air dingin untuk menahan gigi yang tanggal kembali pada posisi semula.
  5. Jika langkah-langkah di atas tidak cukup membantu, segera masukkan gigi pada tempat yang berisi susu cair atau biarkan tetap berada dalam mulut.
  6. Segera pergi ke dokter gigi.

 

pf button both P3K Kegawatdaruratan Gigi
                     
               

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>