Otak Semakin Kreatif Berkat Rutin Berolahraga

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika olahraga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika rutin berolahraga adalah salah satu kunci utama dalam membuat tubuh kita tetap sehat, bugar, dan terbebas dari berbagai macam penyakit berbahaya. Tahukah anda, olahraga tidak hanya baik bagi kesehatan otot-otot atau sirkulasi darah saja. Ada banyak sekali manfaat olahraga lainnya bagi tubuh, termasuk diantaranya adalah kesehatan organ otak kita saja.

doktersehat-olahraga-jogging-lari-exercise-malam-hari

Pakar kesehatan Keith Sawyer, PhD yang berasal dari Washington University, Department of Education, menyebutkan jika olahraga dengan rutin akan semakin baik dalam meningkatkan kreativitas. Menurut beliau, dengan berolahraga secara rutin, kita akan mengalami pengalaman positif pada pikiran dan psikologis secara bersamaan. Dengan berolahraga layaknya berjalan kaki, berlari, hingga bersepda, kita akan membuat pikiran kita terbebas dari stress dan depresi dan pada akhirnya akan ikut membuat kinerja otak menjadi lebih positif.

Sawyer juga menyebutkan jka olahraga ternyata bisa memberikan efek berupa semakin menurunnya kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Sebagaimana kita ketahui, hormon ini juga disebut sebagai hormon stress. Hormon kortisol ternyata bisa menjadi penghalang utama otak untuk berpikir secara kreatif, khususnya saat kita ingin menyelesaikan masalah atau pekerjaan. Dengan berolahraga, kita justru akan melepaskan hormon endorfin ke tubuh yang membuat kita memiliki mood dan semangat yang jauh lebih baik. Tak disangka, hal ini bisa membantu peningkatan asupan oksigen di dalam darah dan membuat otak kita pun menjadi lebih segar dan mampu berpikir lebih kreatif.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan olahraga yang sederhana saja untuk mendapatkan otak kita semakin kreatif. Selain itu, waktu olahraga juga tidak perlu lama-lama, cukup 30 menit saja dan kita sudah bisa mendapatkan dampak positif olahraga bagi kesehatan otak.