Otak Keluar dari Tengkorak, Penyanyi Ini Hilang Kesadaran Saat Manggung

otak_keluar_otak_doktersehat_2
Photo Source: PA Real Life

DokterSehat.Com– Zosha Faith, wanita berusia 24 tahun dari Bournemouth, Inggris, hilang kesadaran saat bernyanyi di atas panggung. Penyebab dari kondisi yang sangat tidak biasa ini adalah karena sebuah penyakit otak langka yang membuat cairan otaknya bisa keluar dari tengkorak kepalanya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Dirbuzz, Zosha sebenarnya sudah bertahun-tahun menderita penyakit ini. Hanya saja, ia baru mengetahui jenis penyakit yang dideritanya setelah 12 bulan lalu menjalani pemindaian MRI. Penyakit ini adalah malformasi Chiari, kondisi yang bisa membuat otaknya membengkak parah sehingga ukurannya melebihi tengkorak kepalanya.

Kondisi yang dialami Zosha sangat ekstrem mengingat otaknya bisa keluar dari tengkoraknya dan merembes hingga ke bagian tulang belakang. Ia pun kerap mengalami masalah mobilitas dan daya ingat akibat hal ini. Kadangkala, Zosha bahkan harus memakai kursi roda saat mengalami sakit yang luar biasa akibat kambuhnya penyakit ini.

Dokter yang menanganinya menyebutkan bahwa Zosha harus menjalani operasi untuk menghilangkan sebagian tulang tengkoraknya demi menghilangkan tekanan dari otaknya yang bisa saja mengembang setiap saat.

Meskipun sempat hilang kesadaran saat manggung, Zosha sama sekali tidak menyerah mengejar impiannya menjadi penyanyi dan penulis lagu sukses. Kini, Ia juga telah bekerja di bagian pengiklanan dan marketing. Sayangnya, ia mengaku kerap mengalami kendala saat bekerja akibat kondisi kesehatannya ini mengingat seringnya mengalami migrain parah, tinnitus atau telinga berdenging yang menyakitkan, hingga kesulitan menggerakkan badan.