Osteosarcoma

Doktersehat.com – Apakah osteosarcoma itu?
Osteosarcoma adalah sebutan umum untuk tumor ganas tulang, osteosarcoma yang sering dijumpai ada osteosarcoma, chondrosarcoma, fibrosarcoma dan lain sebagainya. Osteosarcoma merupakan penyakit ganas sistemik yang terjadi pada sel tulang, komponen hematopoietik pada tulang, tulang rawan dan fibrous atau bahan sinovial.



Dalam klinis osteosarcoma dapat dibagi menjadi osteosarcoma primer dan osteosarcoma sekunder. osteosarcoma sekunder sering terjadi pada pinggul, tulang belakang, tulang paha dan lainnya. Tumor ganas primer pada tulang jarang dijumpai, kebanyakan osteosarcoma merupakan metastase dari tempat atau jaringan lain (misalnya kanker payudara, kanker thyroid, kanker prostate dan lain sebagainya), dapat disebut lagi sebagai osteosarcoma metastasis.

Seberapa tinggi tingkat insiden osteosarcoma?

Osteosarcoma menyumbang sekitar 0.2% dari jumlah kanker. Dalam seluruh dunia, setiap tahun sekitar 2890 orang didiagnosa mengidap osteosarcoma, sekitar 1410 orang meninggal karena osteosarcoma. Dalam osteosarcoma yang paling sering dijumpai adalah osteosarcoma, menempati sekitar 30%. Tingkat insiden osteosarcoma pada usia muda agak tinggi, usia onset kebanyakan pada 10-20 tahun, dengan perbandingan angka insiden osteosarcoma antara pria wanita sebanyak 2:1.

Apa saja faktor penyebab osteosarcoma?

Faktor penyebab osteosarcoma masih belum bisa dipastikan sepenuhnya, di masa lalu diketahui cedera minor kronis dan infeksi kronis dapat mengakibatkan osteosarcoma. Pada saat bersamaan pertumbuhan tulang yang berlebihan, peradangan kronis, faktor genetik, infeksi virus khusus, aliran kembali darah dalam tulang tidak lancar, paparan sinar radiasi dan faktor lainnya, mungkin terkait dengan osteosarcoma.

Apa saja gejala awal osteosarcoma?

1. Dapat terjadi deformasi patologis tulang.

2. Muncul rasa sakit pada punggung secara terus-menerus yang tidak bisa dijelaskan.

3.Tanpa sebab yang jelas, pada tubuh muncul patah tulang di satu atau banyak tempat.

4. Karena tumor menekan pembuluh darah yang ada di syaraf, mengakibatkan anggota tubuh distal mati rasa.

5. Permukaan tulang muncul satu benjolan yang keras, ada gejala rasa sakit atau tidak sakit.

6. Muncul gejala meradang, berat badan turun, lelah, kemampuan untuk beraktivitas menurun dan lainnya

7. Tulang dan persendian muncul rasa sakit atau bengkak, rasa sakit adalah nyeri tumpul yang terus menerus atau sakit saat kompresi.

Apa saja metode diagnosis osteosarcoma?

1. Scan tulang : Dengan menyuntikkan sedikit dosis bahan kontras dan menggunakan perangkat kamera khusus untuk mendeteksi, dapat menampilkan gambaran tulang.

2. Pemeriksaan pencitraan : Peralatan pemeriksaan misalnya sinar-X, CT scan, MRI dan peralatan lainnya, dapat membantu dokter untuk menilai situs keterlibatan tumor.

3. Biopsi : Dengan mengambil sepotong kecil jaringan dari tumor untuk melakukan pemeriksaan yang berkaitan dengan osteosarcoma, diantaranya meliputi :

(1) Biopsi jaringan lewat aspirasi jarum : Dokter menggunakan satu jarum tipis untuk mengambil sepotong kecil dari jaringan tumor.

(2) Bedah Biopsi : Dokter memotong kulit, mengangkat jaringan tumor secara keseluruhan atau sebagian jaringan tumor, kemudian melakukan pemeriksaan osteosarcoma.

Apa saja metode pengobatan operasi osteosarcoma?
Pengobatan osteosarcoma dengan operasi merupakan metode pengobatan yang sering dilakukan, yang meliputi :

1. Kuretase : Dengan memotong dinding tulang yang mengandung tumor, menguret bersih jaringan tumor yang ada di dinding tulang.

Baca Juga:  Jangan Takut Melahirkan Normal

2. Bedah reseksi : Dengan mengangkat tumor dari dasar (dalam) yang tumbuh muncul keluar dari tulang.

3. Operasi amputasi : Dengan memotong satu bagian dari tulang di mana tumor tumbuh.

Apa saja metode perawatan osteosarcoma?

Metode perawatan melalui makanan

1. Menjaga keseimbangan nutrisi, menu makanan yang kaya ragam.

2. Banyak mengkonsumsi sayuran dan buah segar.

3. Dilarang merokok, minuman beralkohol dan makanan pedas.

Metode perawatan melalui psikologis

1. Menciptakan suasana yang harmonis dan lingkungan yang nyaman dan aman, untuk memberikan rasa aman pada pasien osteosarcoma.

2. Pada waktu yang tepat menjelaskan pengetahuan tentang penyakit osteosarcoma terhadap pasien, membantu pasien membangun kepercayaan diri melawan kanker.
3. Anggota keluarga harus mengambil inisiatif untuk memberi perhatian dan dukungan pada pasien osteosarcoma, menghilangkan rasa kesepian dan rasa putus asa pasien dan emosi negatif lainnya.

Metode terapi terbaik osteosarcoma

Melalui tim gabungan multi-disiplin yang terdiri dari ahli bedah kanker, ahli patologi, ahli radiasi onkologi, ahli kanker minimal invasif, suster perawat kanker dan penerjemah, serta menurut kondisi penyakit dan gejala pasien osteosarcoma berkonsultasi dengan dokter ahli, membuat program pengobatan yang disesuaikan dengan kondisi pasien, sangat meningkatkan hasil pengobatan pasien osteosarcoma.

Metode pengobatan karakteristik tradisional China terhadap osteosarcoma

Pengobatan tradisional China efektif dalam pengaturan keseimbangan secara keseluruhan, membantu tubuh untuk melawan kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan kondisi tubuh. Rumah Sakit Modern Cancer Guangzhou menggabungkan pengobatan tradisional China dengan teknik pengobatan kanker lainnya, sehingga keunggulan dari pengobatan tradisional China dan pengobatan barat dapat digabungkan, dapat meningkatkan secara efektif hasil pengobatan kanker.

 Bisa mendapatkan dukungan apa saja?

Dalam praktek telah membuktikan bahwa pelayanan dan pengobatan tim gabungan multi-disiplin yang terdiri dari bedah onkologi, medis onkologi, pengobatan tradisional China, patologi, radiologi, ahli anestesi, suster perawat profesional dan lainnya, dengan adanya sekelompok tim ahli kanker pengobatan barat dan pengobatan tradisional yang terkenal, dapat menentukan program pengobatan yang paling efektif, paling cocok, paling ekonomis untuk pasien, sehingga sangat meningkatkan hasil pengobatan pasien kanker.

Tim gabungan multi-disiplin dari Rumah Sakit Modern Cancer Guangzhou dengan metode sistem medis “one-stop”, melakukan diagnosis dan pengobatan komprehensif terhadap pasien, dengan tidak menambah bebannya pasien, di satu sisi memberikan layanan medis menyeluruh secara mendekat untuk pasien, di sisi lainnya lebih meningkatkan efisiensi dan standar medis. Jalur komunikasi antara dokter dengan pasien yang beragam, termasuk konsultasi online, melalui email, komunikasi telepon dan pertemuan secara langsung, menyediakan layanan konsultasi secara umum bagi pasien, membantu mereka dapat secara efisien melawan kanker. Tim pengobatan yang terdiri dari dokter, suster perawat, ahli nutrisi dan penerjemah, bisa memenuhi berbagai level kebutuhan pasien dari berbagai negara yang berbeda. Dengan adanya lingkungan pertukaran informasi yang lancar pasien bisa merasa lebih tenang bekerja sama dengan rumah sakit untuk melakukan pengobatan.

Sumber : wikimedya.blogspot.com & detikhealth.com