Osteoarthritis – Terapi Pembedahan, Pengobatan Alternatif, dan Olahraga yang Tepat

DokterSehat.Com – Osteoarthritis merupakan bentuk arthritis yang paling sering, mempengaruhi berjuta-juta orang di dunia. Ini terjadi ketika cairan pelindung kartilago di ujung-ujung tulang Anda semakin sedikit dari tahun ke tahun.



Meskipun osteoartritis dapat merusak berbagai sendi di tubuh, penyakit ini seringkali menyerang sendi di lutut, tangan, panggul, dan tulang belakang. Osteoartritis seringkali memburuk dari waktu ke waktu, dan tidak ada obatnya. Tetapi jika kita tetap aktif beraktivitas, menjaga berat badan, dan mengikuti gaya hidup sehat, maka progresivitas penyakit ini dapat dihambat dan akan memperbaiki fungsi sendi dan rasa nyeri dapat dikurangi.

Latihan dan mencapai berat badan ideal merupakan langkah terbaik dan penting untuk menangani osteoartritis. Dokter juga dapat menyarankan:

  • Terapi fisik. Terapi fisik dapat dikerjakan dengan terapis fisioterapi yang dapat memberikan program yang memperkuat otot di sekitar sendi, sehingga meningkatkan rentang gerak sendi dan mengurangi nyeri
  • Terapi okupasional. Terapis okupasional dapat membantu Anda dalam menemukan langkah untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa memberi rasa sakit pada sendi. Contohnya, terapis okupasional akan memberikan sikat gigi yang mempermudah cara sikat gigi jika Anda memliki osteoartritis di sendi jari. Atau bangku untuk mandi dipersiapkan untuk Anda dalam rangka meredakan nyeri jika Anda harus mandi dengan cara berdiri jika Anda memiliki osteoartritis lutut.
  • Kawat atau sisipan sepatu. Dokter mungkin merekomendasikan sisipan sepatu atau perangkat lain yang dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika Anda berdiri atau berjalan. Perangkat ini dapat melumpuhkan atau mendukung Anda mengatasi tekanan pada saat berjalan.
  • Kelas sakit kronis (Prolanis). Arthritis dan beberapa pusat pengobatan memiliki kelas untuk orang dengan osteoarthritis dan nyeri kronis. Tanyakan kepada dokter tentang kelas-kelas penyakit kronis di daerah Anda. Kelas-kelas ini mengajarkan keterampilan yang membantu Anda mengelola rasa sakit. Dan Anda akan bertemu orang lain dengan osteoarthritis dan belajar tips dan trik dari mereka untuk mengurangi dan mengatasi nyeri sendi.

Prosedur bedah dan lainnya

Jika perawatan konservatif tidak membantu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan prosedur seperti:

  • Suntikan kortison. Suntikan obat kortikosteroid dapat mengurangi rasa sakit di sendi Anda. Selama prosedur ini dokter mematikan daerah sekitar sendi Anda, kemudian menempatkan jarum ke dalam ruang dalam sendi dan menyuntikkan obat. Suntikan kortison dapat dilakukan setiap tahun dengan terbatas, karena obat ini sebenarnya dapat memperparah kerusakan sendi dari waktu ke waktu.
  • Suntikan pelumasan. Suntikan asam hyaluronic mungkin menawarkan bantuan nyeri dengan memberikan beberapa bantalan di lutut Anda. Asam hyaluronic mirip dengan komponen yang biasanya ditemukan dalam cairan sendi Anda.
  • Menyelaraskan tulang. Prosedur bedah yang disebut osteotomy, ahli bedah memotong di tulang di atas atau di bawah lutut untuk menyetel kembali kaki. Osteotomy dapat mengurangi nyeri lutut dengan menggeser berat badan jauh dari bagian lutut Anda yang sedang sakit.
  • Penggantian sendi. Dalam operasi penggantian sendi (arthroplasty), dokter bedah akan mengambil permukaan sendi yang rusak dan menggantikan mereka dengan plastik dan logam. Pinggul dan lutut merupakan sendi yang paling sering diganti. risiko bedah termasuk infeksi dan pembekuan darah. sendi buatan dapat aus atau longgar dan mungkin perlu akhirnya diganti. penggantian sendi berulang lebih menantang dan kurang berhasil daripada operasi pertama.

Perubahan gaya hidup dan apa yang perlu dilakukan di rumah

Perubahan gaya hidup dan perawatan rumah juga dapat membantu mengurangi gejala osteoarthritis. Anda mungkin ingin mencoba beberapa tips berikut:

Baca Juga:  Tips Mencegah Infeksi Vagina

Olahraga. Latihan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi Anda, membuat sendi lebih stabil. Coba berjalan, bersepeda atau berenang. Jika Anda merasa nyeri sendi, berhenti sejenak. Nyeri baru yang berlangsung selama berjam-jam setelah Anda berolahraga mungkin berarti Anda sudah berlebihan dalam berolahraga tetapi tidak berarti Anda harus berhenti berolahraga sama sekali.

Menurunkan berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas memberikan tekanan berat pada bantalan sendi Anda, seperti lutut dan pinggul Anda. Bahkan sejumlah kecil dari penurunan berat badan dapat mengurangi beberapa tekanan dan mengurangi rasa sakit Anda. Kebanyakan orang menggabungkan perubahan dalam diet mereka dengan peningkatan olahraga.

Menggunakan terapi panas dan dingin untuk mengatasi rasa sakit. Baik panas dan dingin dapat meringankan rasa sakit pada sendi Anda. Panas juga mengurangi kekakuan, dan dingin bisa meringankan ketegangan otot dan rasa sakit.

Berikan krim rasa sakit yang dapat dibeli bebas di pasaran. Krim dan gel yang tersedia di toko obat dapat memberikan bantuan sementara dari rasa sakit osteoarthritis. Beberapa krim mati rasa diberikan dengan membuat sensasi panas atau dingin. krim lain mengandung obat, yang diserap ke dalam kulit Anda seperti salep natrium diclofenc. Krim nyeri bekerja terbaik pada sendi yang dekat dengan permukaan kulit Anda, seperti lutut dan jari-jari.

Menggunakan alat bantu. Alat bantu dapat membuat lebih mudah untuk pergi tanpa menekan sendi yang sakit. Sebuah tongkat dapat membantu meringankan lutut atau panggul saat Anda berjalan. Membawa tongkat di tangan yang berlawanan dengan kaki yang sakit. Konsultasikan dengan dokter atau terapis okupasi tentang apa jenis perangkat bantu yang dapat membantu Anda.

Terapi alternatif untuk osteoartritis

Orang yang tidak dibantu oleh pereda obat untuk sakit osteoarthritis kadang-kadang beralih ke praktik pengobatan komplementer dan alternatif untuk bantuan. Perawatan umum yang telah menunjukkan beberapa bukti untuk osteoarthritis meliputi:

  • Akupunktur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupunktur dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi pada orang yang memiliki osteoarthritis lutut. Selama akupunktur, jarum tipis dimasukkan ke dalam kulit di tempat yang tepat pada tubuh Anda. Risiko dari akupuntur meliputi infeksi, memar dan rasa sakit di mana jarum dimasukkan ke dalam kulit Anda.
  • Glucosamine dan chondroitin. Penelitian telah menunjukkan substansi ini dicampur pada suplemen gizi. Beberapa telah menemukan manfaat bagi orang-orang dengan osteoarthritis, sementara sebagian besar menunjukkan bahwa suplemen ini bekerja tidak lebih baik dari plasebo (tidak ada efek). Jangan gunakan glucosamine jika Anda alergi terhadap kerang. Glucosamine dan chondroitin dapat berinteraksi dengan pengencer darah seperti warfarin dan menyebabkan masalah pendarahan.
  • Suplemen Alpukat-kedelai. Suplemen campuran alpukat dan minyak kedelai – secara luas digunakan di Eropa untuk mengobati osteoarthritis lutut dan pinggul. Sebenarnya suplemen ini bertindak sebagai anti-inflamasi, dan beberapa studi telah menunjukkan hal itu mungkin memperlambat atau bahkan mencegah kerusakan sendi.
  • Tai chi dan yoga. Terapi gerakan ini melibatkan latihan lembut dan membentang sendi yang dikombinasikan dengan pernapasan dalam. Banyak orang menggunakan terapi ini untuk mengurangi stres dalam kehidupan mereka, meskipun penelitian kecil telah menemukan bahwa tai chi dan yoga dapat mengurangi nyeri osteoarthritis. Ketika dipimpin oleh instruktur berpengetahuan, terapi ini aman. Hindari pergerakan yang menyebabkan nyeri di sendi Anda.