Organ Tubuh Yang Terkena Dampak Stress dan Emosi Labil

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berkata jika kita memiliki emosi yang tidak stabil dimana kita sering marah-marah, stress, atau bahkan merasa sedih, maka kita bisa memiliki kesehatan yang tidak baik. Hal ini secara medis ternyata benar adanya. Banyak pakar kesehatan yang berkata jika kondisi emosi berpengaruh besar bagi keseimbangan hormon tubuh yang bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat.

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-demensia

Selain dunia medis, dunia holistik juga mengungkapkan jika emosi yang labil dimana kita bisa merasa cemas, marah, atau bahkan ketakutan bisa mempengaruhi sistem tubuh dan kesehatan organ tubuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Tanpa anda sadari, tubuh ternyata ikut merespon kondisi emosi kita yang berarti jika kita menunjukkan emosi yang negatif, tubuh pun bisa ikut mengalami kondisi kesehatan yang juga negatif. Anda tentu pernah mendengar korelasi erat antara stress yang berkelanjutan dengan semakin memburuknya kesehatan organ-organ tubuh layaknya jantung atau bahkan otak, bukan?

Jika emosi kita sedang labil, maka kita bisa mempengaruhi produksi hormon-hormon dalam tubuh. Beberapa hormon yang mudah dipengaruhi mood adalah endorfin, serotonin, gaba, atau bahkan dopamin. Kondisi hormon yang berlebihan dan tidak seimbang ternyata bisa memberikan masalah bagi tubuh layaknya resiko terkena penyakit jantung, kanker, atau bahkan alzheimer. Jika kita merasa emosi berupa rasa takut, cemas, atau kepanikan, maka kita akan mendapatkan masalah pada ginjal dan masalah pada daya tahan tubuh. Selain itu, kepanikan juga berpengaruh langsung pada munculnya asma. Sementara itu, jika kita sering marah dan mendendam, maka kondisi hati pun menjadi bermasalah. Kondisi emosi kita yang marah bisa membuat hati menjadi lebih panas dan sirkulasi darah semakin memburuk sehingga hati pun bisa mengalami pembengkakan. Selain membuat hati menjadi rusak, orang yang mudah marah juga lebih beresiko terkena penyakit stroke atau bahkan vertigo.

Baca Juga:  Faktor Yang Mempengaruhi Psikologi Remaja

Anda tentu sering mendengar ucapan orang tua dimana kita tidak boleh sering marah-marah dan memendam emosi negatif bukan? Hal ini ternyata bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara langsung. Ada baiknya anda mulai mengendalikan emosi anda sehingga anda tetap dalam kondisi kesehatan yang lebih baik.