Organ Intim Pria Juga Harus Dirawat

Doktersehat.com – Perawatan organ intim tak hanya wajib dilakukan wanita saja. Pria pun juga harus menjaga kebersihan organ intimnya.



Kebanyakan pria terkesan cuek dengan organ intimnya. Padahal penis merupakan organ yang sangat sensitif. Gosokkan yang terlalu keras dapat melukai area sensitif ini.

Pria juga bisa melakukan perawatan penis di rumah seperti kebanyakan wanita yang memakai sabun untuk membersihkan organ intimnya.

Selain menggunakan sabun, Anda juga bisa membersihkannya dengan air hangat.  Anda bisa menggunakan sabun ringan atau pembersih non-sabun seperti krim gliserin atau sorbolene untuk memebersihkan penis.

Pada penis pria yang tidak disunat membutuhkan perawatan ekstra. Geserlah kepala penis lalu bersihkan dengan air hangat, bukan sabun. Setelah itu keringkan.

Sama halnya dengan wanita, membersihkan organ intim terlalu sering atau malah jarang dibersihkan bisa berisiko balanitis yakni peradangan pada penis atau kepala penis. Jika penis mengalami iritasi sebaiknya jangan gunakan sabun beraroma atau shower gel. Anda bisa menggantinya dengan air garam hangat.

Untuk menghindari iritasi sebaiknya cuci baju yang baru Anda beli dan pilihlah deterjen yang aman untuk area sensitif Anda.

Sumber: ghiboo.com