Organ Intim Juga Bisa Mengalami Varises

DokterSehat.com – Umumnya varises terjadi di sekitar kaki, tapi nyatanya varises juga bisa terjadi pada alat kelamin. Varicocele merupakan kondisi dimana suplai darah ke testis membentuk varises.



Varicocele umumnya terjadi pada sisi sebelah kiri skrotum dan tidak menimbulkan gejala. Namun, kondisi ini juga bisa mengakibatkan rasa sakit dan perasaan penuh yang mengganggu.

Saat sedang berdiri para pria merasa varicocele seperti sekantong cacing. Namun, pembengkakan bisa hilang jika penderita berbaring sebab aliran darah ke pembuluh yang melebar berkurang. Bila kondisi ini menimbulkan gejala yang parah maka dokter bisa mengatasinya dengan melakukan operasi pengikatan pembuluh yang terkena.

Penyebab
Belum diketahu pasti apa penyebab terjadinya varicocele, namun para ahli percaya bahwa varicocele terbentuk saat katup-katup di pembuluh darah di bagian simpul mencegah darah mengalir dengan baik. Sehingga bisa mengakibatkan urat melebar atau dilatasi.

Varicocele sering terbentuk selama pubertas dan lebih sering terjadi di sisi kiri karena kemungkinan besar dipengaruhi oleh posisi vena testis kiri. Tapi, varicocele dalam stu terstis bisa mempengaruhi produksi sperma di kedua buah pelir.

Pengobatan
Varicocele mungkin tidak memerlukan pengobatan. Tapi, bila varicocele berakibat munculnya rasa sakit, infertilitas, atau atrofi testis maka kemungkinan pengobatan perlu dilakukan.

Tindakan operasi yang dilakukan bertujuan untuk menutup vena yang terkena dan mengarahkan kembali aliran darah ke pembuluh normal. Tapi, efek perbaikan varikokel pada kesuburan tidak jelas.

Meski biasanya varicocele terjadi saat masa remaja, tapi masih kurang jelas apakah pengobatan varicocele harus dilakukan pada waktu itu juga. Indikasi untuk memperbaiki varikokel pada masa remaja meliputi atrofi testis progresif, nyeri atau hasil analisis semen yang abnormal.

Baca Juga:  Bedah Bariatrik, Solusi Bagi Penderita Obesitas

Sayangnya, tindakan operasi untuk menyembuhkan varicocele berisiko menimbulkan efek samping, seperti:

  • Kerusakan arteri
  • Cairan membentuk di sekitar testis (hidrokel)
  • Varicocele kambuh kembali.