Orang Yang Malas Berpikir Gampang Terserang Stroke

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian di Leiden University Medical Centre di Belanda menemukan hubungan antara fungsi otak dan penyakit jantung dan stroke.

9

Dilansir laman Mirror, hasil tersebut ditemukan setelah peneliti melakukan riset selama tiga tahun terhadap 4.000 orang dengan usia rata-rata 75 tahun. Temuan itu pun telah diterbitkan secara online dalam jurnal Neurology.

Dijelaskan Dr. Behnam Sabayan, pada awal penelitian, partisipan diminta untuk mengikuti serangkaian tes. Setelah data terkumpul, hasil menyebutkan bahwa orang dengan skor terendah berisiko 85 persen lebih mungkin terkena penyakit jantung dan 51 persen lebih berisiko terserang stroke, demikian kata ketua penelitian ini.

Untuk sementara, kesimpulan penelitian ini menekankan, fungsi kognitif harus menjadi bagian dari evaluasi risiko penyakit kardiovaskular di masa depan. Selama riset berlangsung, kami mencatat setidaknya ada 375 orang mengalami serangan jantung dan 155 orang mengalami stroke, ujar Behnam.

Behnam juga menjelaskan, penyakit pembuluh darah di otak sejatinya berhubungan erat dengan penyakit pembuluh darah di jantung. Karena itu, lanjut dia, tak heran bila nilai tes yang rendah dapat memprediksi risiko penyakit jantung dan stroke.

Saya pribadi mengakui, kendati risikonya kecil, namun hasilnya cukup signifikan secara statistik, pungkas Behnam.

Nah, mulai saat ini, cobalah untuk selalu berpikir dalam segala hal yang Anda lakukan. Jangan sampai Anda menyesal dikemudan hari!