Orang Yang Ceria Lebih Susah Terkena Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Terlihat ceria dan selalu bahagia tidak hanya membuat Anda menjadi orang yang disenangi, tetapi juga membuat Anda jauh dari penyakit jantung. sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang ceria memiliki risiko terkena serangan jantung yang lebih kecil.



Menurut salah satu seorang peneliti, Lisa R Yanek dari Johns Hopkins University School of Medicine, bahagia dan temperamen yang positif bisa mempengaruhi kondisi seseorang, dan hasilnya anda menjadi lebih sehat. Penelitian ini melibatkan 1483 peserta dengan kondisi sehat, di mana saudara mereka pernah mengalami penyakit jantung termasuk kematian mendadak sebelum umur 60 tahun. Para peneliti menganalisa kondisi peserta selama 25 tahun. Peserta juga diminta untuk mengisi survei yang berhubungan dengan kondisi mereka meliputi mood, tingkat kecemasan, kepuasan hidup, dan lain sebagainya.

Selama penelitian, para peneliti menemukan 208 kasus penyakit jantung. Ketika faktor risiko penyakit jantung telah dihitung semua, peneliti menyimpulkan bahwa berperilaku dan berpikiran positif dapat menurunkan risiko serangan jantung sampai 30 persen. Selain itu, selalu menerapkan sikap positif, bahagia, dan ceria juga dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung koroner sebesar 50 persen.

Untuk menegaskan hasil temuan ini, para ahli mengamati data kelompok lain yang melibatkan lebih dari dari 5.900 orang selama 16 tahun. Hasilnya, mereka juga menemukan jika orang yang selalu tampak ceria dapat menurunkan risiko serangan jantung sampai 13 persen. Penelitian ini bukanlah yang pertama yang mengaitkan antara pikiran positif dengan kesehatan yang baik. Penelitian sebelumnya yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science tahun ini juga menunjukkan hal serupa, di mana emosi yang positif akan bertemu dengan kesehatan fisik yang lebih baik.

Baca Juga:  Dokter Brm Ario Soeryo Kuncoro

Jadi, bagi anda yang ingin meminimalisir terjadinya serangan ataupun penyakit jantung, maka ceria dan bahagialah. Selain bermanfaat dalam kehidupan sosial, hal tersebut juga baik untuk kesehatan.