Orang Kurus Bisa Alami Kolesterol Tinggi

DokterSehat.Com– Anggapan bahwa orang kurus aman dari penyakit jantung tidaklah benar. Menurut sebuah penelitian, orang yang memiliki bobot di bawah rata-rata tidak menjamin akan terhindar dari penyakit Kardiovaskular. Hal ini disebabkan kemungkinan tingginya kadar kolesterol yang terdapat dalam tubuh orang kurus.

doktersehat-kolesterol-jantung-saluran

Pada dasarnya kadar kolesterol dapat menurun pada anggota keluarga. Oleh karena itu, kadar kolesterol yang melebihi rata-rata juga dapat dialami oleh orang kurus yang membawa genetik kolesterol tinggi. Faktor bawaan kolesterol tinggi pada orang kurus inilah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Dr. Dedy Sudrajat mengungkapkan bahwa kadar kolesterol dalam darah dapat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi dan dapat pula disebabkan oleh faktor bawaan dari keluarga yang memiliki riwayat kolesterol tinggi.

Bobot tubuh seseorang tidak dapat dijadikan patokan untuk menentukan tinggi rendahnya kadar kolesterol. Bisa saja kadar kolesterol orang kurus sama dengan kadar kolesterol orang yang bertubuh gendut. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pengecekan kolesterol secara berkala. Mengontrol kadar kolesterol dapat dilakukan sejak kecil. Mengetahui kadar kolesterol sejak dini berguna untuk mencegah timbulnya penyakit jantung di kemudian hari.

Sebenarnya kolesterol juga diperlukan oleh tubuh untuk membentuk membran sel, melindungi kulit dari toxin, prekursor hormon steroid, prekursor asam empedu, dan pembentukan vitamin D (bersama sinar UV). Akan tetapi, jika kadarnya melebihi batas malah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya.

Normalnya jumlah kolesterol berada di bawah 200 mg/dL, dengan trigiserida kurang dari 150 mg/dL, HDL (kolesterol baik) adalah di atas 60 mg/dL, sedangkan LDL  (kolesterol jahat) adalah kurang dari 130 mg/dL.

Agar jumlah kolesterol Anda tetap pada batas normal sebaiknya biasakan hidup sehat. Berolahraga secara teratur, hindari makanan yang berlemak karena makanan yang berlemak dapat memicu tingginya kolesterol Anda. Dengan membiasakan hidup sehat dapat menurunkan resiko Anda terkena penyakit jantung. Penurunan kolesterol 10 persen saja sudah dapat menurunkan 50 persen resiko penyakit jantung.