Orang Gemuk Rentan Nyeri Lutut

DokterSehat.Com – Berat badan yang tidak terkontrol membawa masalah pada kesehatan lutut. Seperti terungkap dari hasil temuan peneliti di Monash University Melbourne, Australia, orang yang cenderung gemuk memiliki risiko mengalami nyeri lutut.



Sendi lutut merupakan sendi yang kompleks dan rentan mengalami cedera. Berbagai faktor dapat menyebabkan nyeri lutut, tapi penyebab tersering adalah cedera, tekanan berlebihan pada lutut, dan aus karena penggunaan terus-menerus.

Tekanan berlebihan pada lutut antara lain disebabkan karena kegemukan, setiap setengah kilogram berat badan dapat membebani lutut sampai 2,2 kg. Karena itu kelebihan berat badan sekitar 4,5 kg menambah beban tidak sedikit bagi lutut.

Kegemukan juga meningkatkan risiko masalah lutut menahun seperti osteoartritis, yakni ketika keadaan tulang rawan pada sendi lutut mulai memburuk. Selain itu penambahan berat badan akan memperburuk artritis yang sebelumnya sudah diderita.

Menurut penelitian, dua dari tiga orang dewasa yang obesitas menderita osteoartritis pada satu waktu dalam hidupnya.

Meski pengaturan pola makan dan olahraga sangat penting untuk menurunkan berat badan, tetapi jika lutut Anda cedera, tentu tak mungkin menurunkan badan lewat olahraga.

Karena itu jika Anda kegemukan, sangat disarankan memilih jenis olahraga yang aman untuk lutut. Misalnya saja memilih sepeda statis ketimbang treadmill. Jika Anda menyukai olahraga lari, gantilah dengan berjalan kaki di permukaan datar tetapi dalam periode waktu yang lebih panjang, ataupun jalan cepat yang diselingi lari selama tiga sampai empat menit kemudian jalan cepat lagi.