Orang Gemuk Lebih Bahagia?

Doktersehat.com – Badan yang gemuk kadang dapat mengurangi rasa percaya diri. Namun terkadang gemuk sering dikaitkan dengan kondisi psikis yang bahagia. Para ilmuwan percaya ada bukti genetik yang menjelaskan bahwa orang gemuk seringkali lebih bahagia daripada yang badannya kurus.



Para ilmuwan dari McMaster University di Kanada menemukan bahwa gen gemuk yang disebut FTO juga merupakan gen bahagia. Gen FTO adalah kontributor genetik utama obesitas. Namun, gen ini juga bisa mengurangi risiko depresi hingga 8%, seperti dilansir Dailymail.

” Memang perbedaan 8 persen tak akan berpengaruh banyak pada aktivitas harian pasien, tetapi kami menemukan molekul baru yang terkait dengan depresi,” kata Profesor David Meyre.

Studi yang dilakukan Meyre merupakan studi pertama yang mengaitkan antara gen obesitas FTo dengan perlindungan terhadap depresi.

Para peneliti di McMaster University, Kanada, telah menyelidiki apakah ada hubungan antara obesitas dan depresi dengan menganalisis 17.200 sampel DNA dari relawan di 21 negara.

Hasil penelitian menunjukkan orang-orang dengan gen FTO (gen gemuk) menunjukkan tanda-tanda signifikan lebih sedikit mengalami depresi daripada orang tanpa gen FTO. Temuan studi dikonfirmasi dengan menganalisa status genetik pasien dalam tiga studi internasional tambahan.

Dari berbagai sumber