Oral Seks Apakah Aman Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com – Banyak pasangan suami yang ingin melakukan berbagai variasi dalam kehidupan seksual demi mendapatkan kepuasan sekaligus menjaga keharmonisan keluarga. Salah satu dari variasi kegiatan seksual yang sangat terkenal adalah dengan melakukan oral seks. Oral seks sendiri adalah aktifitas seksual yang dilakukan dengan menggunakan mulut. Banyak pasangan yang merasakan kepuasan dengan melakukan oral seks, namun, tidak sedikit pula yang menganggap oral seks sebagai aktifitas yang menjijikkan dan kurang sehat. Apakah memang oral seks kurang baik bagi kesehatan?

doktersehat-permen-manis

Jika pertanyaan ini diajukan pada pasangan suami istri yang setia dan melakukan semua variasi aktifitas seks dengan pasangannya saja, maka bisa dipastikan bahwa kegiatan oral seks akan sangat aman untuk dilakukan. Hanya saja, jaminan aman ini juga baru bisa dipastikan jika kedua belah pasangan tidak memiliki penyakit berbahaya yang bisa menular. Yang menjadi masalah adalah oral seks ternyata bisa berbahaya bagi mereka yang suka berganti-ganti pasangan karena ternyata oral seks bisa menjadi media tertularnya banyak penyakit berbahaya yang mematikan.

Banyak orang yang berpikir bahwa oral seks tidak akan membahayakan layaknya penetrasi yang bisa secara langsung membuat pertukaran cairan tubuh yang membawa berbagai macam bakteri dan penyakit. Sayangnya, cairan ludah juga bisa menjadi media yang sama berbahayanya bagi pertukaran bakteri dan kuman penyakit berbahaya. Beberapa jenis penyakit berbahaya layaknya HIV, hepatitis, sifilis, dan beberapa penyakit kelamin menular layaknya herpes dan gonorrea juga bisa ditularkan dengan melakukan oral seks.

Untuk pasangan yang setia melakukan aktifitas seks dengan pasangannya saja, oral seks akan aman dilakukan jika kebersihan alat kelamin dan mulut terjaga dengan baik. Hanya saja, jika anda adalah orang yang rajin bergonta-ganti pasangan demi pengalaman seksual yang bervariasi, apalagi jika memakai pekerja seks komersial, maka anda tentu harus bersiap-siap menghadapi resiko mendapatkan penyakit berbahaya yang tertular dari salah satu pasangan seks anda, meskipun anda hanya melakukan oral seks.