Setelah Operasi Vasektomi

Perkenal dok nama saya Minarto; Saya telah melakukan vasektomi. Dan telah lakukan analisa sperma setelah ejakulasi lebih dari 25x (dalam waktu 2 bulan). Hasil analisa tertulis Asthenoteratozoospermia. Apa itu maksudnya? Apakah vasektomi sukses? Terimakasih Dokter



Jawab

Halo Pak Minarto, Salam sejahtera untuk Anda dan keluarga.

Vasektomi merupakan kontrasepsi dengan teknik operasi yang sangat efektif dan bersifat permanen. Tujuannya adalah mencegah kehamilan saat berhubungan. Teknik operasi vasektomi sangat bervariasi. Namun secara umum tindakan vasektomi dikatakan berhasil bila terjadi penurunan yang berarti sejak hari ketiga setelah dilakukan vasektomi dan benar-benar tidak terdapat sel sperma pada semen (cairan ejakulasi) setelah 16 minggu atau lebih. Tentunya waktu yang dibutuhkan untuk tidak terdapat sel sperma lagi dalam semen bervariasi tergantung oleh teknik operasi yang dilakukan.

Asthenoteratozoospremia merupakan keadaan gabungan dari keadaan asthenozoospermia dan teratozoospermia, dimana kriterianya adalah terdapat kurang dari 30% sperma dengan motilitas normal (bergerak maju ke arah depan) dan lebih dari 60% sperma yang tidak normal bentuknya. Pada keadaan ini masih terdapat sel sperma pada semen pada waktu 2 bulan (8-10 minggu), maka belum dapat dikatakan vasektomi tersebut berhasil atau tidak. Tentunya diperlukan pemeriksaan semen secara rutin. Periksalah secara rutin pada waktu vasektomi telah 16 minggu. Tentunya hasil pemeriksaan dapat dikonsultasikan pada dokter kebidanan yang merawat.
Salam, Terima kasih.

Oleh
Dr. Arief Budiman, S.Ked
Team DokterSehat.com