informasi kesehatan


Operasi Usus Buntu Berisiko Pelengketan Usus

Operasi Usus Buntu Berisiko Pelengketan Usus

            

DokterSehat.com – Pelengketan usus sebagian besar terjadi karena faktor bawaan dan masalah infeksi pada usus.  Mereka yang pernah menjalani operasi pada organ pencernaan seperti usus buntu juga memiliki risiko lebih besar mengalami pelengketan usus.

“Seseorang yang pernah dioperasi pada usus akan mempunyai resiko yang lebih besar dibanding yang belum pernah operasi,” papar spesialis dan konsultan bedah saluran cerna dari RS Premier Bintaro, Errawan Wiradisuria, dalam acara bincang kesehatan Penanganan Terkini Problem Saluran Cerna, di Jakarta, Kamis (24/3/2011).

Menurut  Errawan, operasi yang tidak bersih menjadi penyabab faktor utama terjadinya pelengketan usus. Sebagai contoh, dalam kasus usus buntu yang pecah. Pada usus buntu yang pecah, meskipun pascaoperasi telah dicuci, tetapi tetap memiliki potensi timbulnya infeksi.

“Karena kalau pecah, kotoran yang seharusnya dibuang di wc akan terbuang ke perut,” ujarnya.

Lebih lanjut  Errawan menambahkan faktor infeksi juga bisa menyebabkan pelengketan usus.

“Misalnya dalam kasus penusukan yang mengakibatkan perdarahan pada usus, perdarahan itu kemungkinan cucinya juga tidak telalu maksimal sehingga ada sisa-sisa darah yang menjadi fibrin. Fibrin itu seperti sarang laba-laba atau tali,” jelasnya.

Gejala

Pasien penderita pelengketan usus biasanya mengalami sejumlah gejala di antaranya perasaan tidak nyaman pada perut. Rasa tidak enak tersebut dapat mengakibatkan rasa mulas dan susah buang air besar.

Hal ini menurut Errawan disebabkan terjadinya perubahan pada posisi usus sehingga membuat gerakan usus menjadi terbatas. Rasa sakit pada perut biasanya akan dirasakan oleh pasien setelah mengonsumsi makanan. Gejala lain yang dapat muncul adalah pola buang air besar yang mengalami perubahan.

Kesimpulannya, seseorang yang pernah melakukan operasi saluran pencernaan seperti usus buntu, akan lebih berpotensi terserang penyakit ini dibandingkan yang tidak. Faktor dari luar, seperti makanan, ternyata sama sekali tidak berpengaruh menyebabkan pelengketan usus.

Sumber : health.kompas.com

pf button both Operasi Usus Buntu Berisiko Pelengketan Usus


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

8 Responses to “Operasi Usus Buntu Berisiko Pelengketan Usus”

  1. kalo sering mengalangi gangguan pada bekas operasi app,,,seperti nyeri dan keram perut yag perkepanjangan apakah itu juga termasuk dalam jenis resiko perlengketan ???

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 7 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat malam,

      Salam sehat,

      Nyeri bekas operasi umumnya dirasakan pasien <1 bulan pasca operasi. Pada operasi yang belum lama dilakukan penggunaan obat anti nyeri dapat menjadi pilihan untuk mengatasinya.

      Nyeri bekas operasi bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya perlengketan, yang lainnya dapat berupa proses peradangan derah bekas luka tersebut, saraf yang terjepit setelah operasi.

      Perlu ditekankan disini, nyeri akibat perlengketan terjadi apabila ada aktivitas usus (usus sedang bergerak)karena yang harusnya dapat bergerak bebas ,dalam hal ini terbatasi akibat menempel ke dinding perut. Jadi perlengketan disini umumnya disertai dengan gangguan buang air besar dan nyeri bertambah bila setelah makan/ BAB.

      Untuk memastikan nyeri kronis setelah operasi yang lama diakibatkan oleh apa maka perlu dilakukan pemeriksaan tambahan lainnya. Berkonsultasilah kembali dengan dokter bedah terdekat.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • Fina Itha says:

        sy mau tanya dok, ada adik sy sdh dioperasi usus buntu tp stlh 2 minggu operasi kok kencing mengeluarkan darah dan setelah operasi usus tsb dia tdk dapat ereksi, wkt kt konsultasikan ke dokter katanya menurut hasil pemeriksaannya ada jaringan syaraf ke alat kelaminnya yg terputus krn ikut terpotong saat operasi, yg sy ingin tanyakan apakah mmg besar kemungkinan itu bs terjadi, atau bs saja dokter tsb keliru dlm pemeriksaannya? krn pengalaman teman sy jg perna operasi yg sm dan pd saat itu dia mengalami hal yg sm tdk dpt ereksi tp saat konsultasi dokter menjamin jaringan syarafnya ke alat kelamin tdk terganggu penyebab besarnya tdk dpt ereksi krn tekanan sakit yg hebat akibat infeksi luka operasi dan pd kenyataannya stlh sembuh lukanya dia pun dpt ereksi secara normal/

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. sarah says:

    terus apa obatnya ?

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  3. kasus saya jg sama,setlh oprsi appendic sekitr 2tahun yg ll smpai skrng,perut sy sring kram dan nyeri,rasanya sama sprti seblm dioprsi appendicx,terutama jk sy melkukn aktftas yg menekn otot prut,…sy sdh ke dr kndungn,sdh di usg,sdh kmbli ke dr bedah yg mnangani sy,sy cm di beri vit2 utk mnguatkn otot prut, krn ktanya itu efek smping pembdhan,mungkn ada syarf yg kepotong,mngingat ktk dilakukun oprsi app,ktax kondsi app sy sdh kronis dan trjdi perlngketan…trs apalgi yg sy mst lakukn,krn smp saat ini sy mash sring kesakitn.mohon info dan petunjkx,trmksh.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. selviana maliki says:

    pagi dok,, saya juga kayak pertanyaan diatas, pada hal saya sudah tujuh tahun , kenapa ya akhir akhir ini bekas operasi usus buntu saya sering muncul rasa nyeri dan kram yang hebat.. itu pengaruhnya apa ya?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. sitti hartina says:

    Kalau saya baru sebulan ini setelah operasi kaki kanan saya terkadang seperti keram. Dan dibawah luka jahitan saya agak sedikit keram dan nyeri, apakah itu masih wajar aja dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. riza says:

    Dok tahun 2013 kemarin saya dioperasi usus buntu dan kata dokter yg mengoperasi saya, usus buntu saya sudah kronis dan trjadi pelengketan. Sudah 1 taun stelah operasi, saya setiap hari sering merasa sakit perut disebelah kanan tepatnya didalam bekas luka operasinya dan sakitnya sampai ke pinggang. Saya sudah merubah pola makan dngan mkan mkanan yg lunak2 dan tidak mkan mkanan pedas, keras, dan alot. Tp tetap saja msih sering trasa skit. Sbenarnya saya knapa yah dok, apa ini harus melakukan operasi kembali?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0