Operasi Pada Bayi Dengan Empat Kaki dan Dua Alat Kelamin Ini Akhirnya Sukses Dilakukan

DokterSehat.Com – Pada 21 Januari lalu, pasangan Lalitamma (23 tahun) dan Chennabasava (26 tahun) yang berasal dari Bangalore, India, melahirkan bayi laki-laki yang menjadi pembicaraan banyak pihak. Bagaimana tidak, bayi ini ternyata memiliki empat kaki dan juga dua alat kelamin. Pakar kesehatan pun akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan pada dua kaki dan satu penis tambahan agar sang bayi bisa hidup dengan normal. Beruntung, operasi pengangkatan yang dilakukan selama 5 jam ini berhasil dilakukan dan kini sang anak sedang dalam masa pemulihan.

doktersehat-sifilis-kongenital-bayi-Harlequin-Ichthyosis-mikrosefali

Pada awalnya, sang ibu tidak berkenan memberikan ijin para dokter untuk melakukan operasi pengangkatan berbagai organ tubuh tambahan ini. Menurut sang ibu, bagaimanapun bentuknya, sang anak dengan kelebihan organ tubuh ini adalah sebuah berkah. Namun, setelah dibujuk dan diberi pengertian, sang ibu akhirnya merelakan anaknya untuk melakukan operasi.

Tim dokter dari Narayana Health City yang ada di kota Bangalore pun segera melakukan operasi ini saat sang bayi berusia tiga hari. Sayangnya, saat itu sang bayi berada dalam kondisi dehidrasi dan membutuhkan bantuan oksigen. Dr. Sanjay Rao, pakar kesehatan bedah anak pada rumah sakit tersebut, menyebutkan jika sang anak yang belum diberi nama ini terkena kondisi polymelia, kondisi bawaan yang sangat langka yang membuatnya memiliki organ atau anggota badan tambahan. Meskipun memiliki ‘bonus’ anggota tubuh, tetap saja kondisi ini termasuk dalam kecacatan.

Operasi yang dilakukan dengan melibatkan 20 petugas medis ini dilakukan dengan ketelitian luar biasa mengingat para dokter harus membagi anatomi dan struktur tubuh agar bisa diketahui mana organ atau anggota badan yang utama dan mana yang tak terpakai atau parasit. Selain itu, para dokter juga harus mengidentifikasi pembuluh darah agar saat operasi, bayi ini juga tidak kehilangan darah terlalu banyak.

Pakar kesehatan dari Narayana Health City sendiri sudah menangani empat kasus bayi dengan kondisi polymelia dalam 10 tahun terakhir.