Kanker Pankreas – Operasi

Pengobatan kanker pankreas tergantung pada apakah operasi pengangkatan kanker secara menyeluruh dimungkinkan. Pengangkatan kanker keseluruhan adalah satu-satunya pengobatan kuratif yang diketahui untuk kanker pankreas. Hanya 15% sampai 20% orang dengan kanker pankreas ketika didiagnosis yang dapat menjalani operasi.

doktersehat-operasi-pisau

Kanker pankreas lokal dapat benar-benar diambil secara lengkap adalah dianggap dapat direseksi (resectable). Jika kanker tidak bisa diangkat secara keseluruhan dengan operasi atau jika operasi tidak aman dilakukan, kanker tersebut dianggap tidak dapat direseksi (unresectable).

Bentuk dari kanker pankreas yang tidak dapat direseksi adalah sebagai berikut:

  • Kanker telah menyebar (bermetastasis) di luar pankreas ke organ lain (misalnya hati atau paru-paru).
  • Kanker melilit salah satu pembuluh darah utama di dekat pankreas.

Jika kankernya dapat direseksi dan jika tidak ada masalah kesehatan lainnya yang membuat pembedahan tidak aman, maka ahli bedah mencoba untuk mengeluarkan kankernya dengan operasi sebagai berikut:

  • Prosedur Whipple: Hal ini dilakukan saat kanker pankreas ada di kepala atau prosessus uncinatus. Prosedur ini menghilangkan kepala dan prosessus uncinatus pankreas, duodenum, dan kantong empedu. Bagian lambung sering ikut diangkat juga.
  • Pankreatektomi subtotal distal: Operasi ini dilakukan saat kanker pankreas ada di korpus (badan) atau ekor pankreas. Prosedur ini menghilangkan korpus dan ekor pankreas serta limpa.

Operasi di atas adalah operasi mayor dengan risiko komplikasi intraoperatif dan pasca operasi. Tingkat kematian lebih rendah jika operasi dilakukan di pusat kesehatan di mana banyak operasi pankreas dilakukan. Pusat kesehatan yang jarang melakukan operasi pankreas dapat menghasilkan tingkat kematian sebanyak 10-15%. Pusat-pusat kesehatan yang sering melakukan operasi pankreasi dapat menghasilkan tingkat kematian sebesar 2%.

Kanker Pankreas – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10